Validasi KLHS RPJPD Kabupaten Kulon Progo 2025-2045

YOGYAKARTA (WARTA DLH) - Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (KLHS RPJPD)  Kabupaten Kulon Progo 2025-2045 telah disusun dokumennya  oleh Dinas Lingkungan Hidup Kab. Kulon Progo pada tahun anggaran 2023.

Penyusunan dilakukan mulai dari tahapan persiapan hingga penjaminan kualitas. Adapun untuk proses Pra-Validasi, Validasi hingga penerbitan Persetujuan Validasi dari Gubernur DIY melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DIY belum dilakukan pada tahun 2023.

Maka dari itu, pada tahun 2024 ini dilakukan kegiatan lanjutan terhadap kegiatan sebelumnya dengan lingkup menyelesaikan seluruh proses hingga terbitnya surat Persetujuan Validasi KLHS RPJPD Kabupaten Kulon Progo Tahun 2025-2045.      

Rapat kerja Pra Validasi KLHS RPJPD telah dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2024 KLHS RPJPD di Ruang Kayu Putih Aula B Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY.

Kegiatan Pra Validasi dilaksanakan sebagai upaya persiapan awal tim validator dan tim pokja penyusunan KLHS sebelum dilaksanakannya kegiatan validasi agar nantinya pada saat validasi sudah lebih baik dokumennya dan tidak banyak perbaikan lagi.

Selain itu, harapannya rapat pra validasi ini dapat memberikan kontribusi perbaikan materi terkait dengan Penyusunan Dokumen KLHS RPJPD Kabupaten Kulon Progo 2025-2045.

Setelah proses Pra Validasi tersebut selanjutnya adalah kegiatan Validasi KLHS RPJPD  dimana pada proses ini memastikan bahwa penyusunan benar-benar telah sesuai secara tahapan dan substansi sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan KLHS dalam Penyusunan RPJMD, yang mana pedoman tersebut berlaku mutatis mutandis terhadap RPJPD Kabupaten Kulon Progo.

Selain itu Validasi KLHS juga memastikan bahwa KLHS yang telah disusun sudah menganut prinsip pembangunan berkelanjutan dalam perencanaan pembangunan daerah, dan terintegrasi ke dalam dokumen RPJPD nya.

Kegiatan Validasi KLHS RPJPD Kabupaten Kulon Progo Tahun 2025-2045 telah dilaksanakan pada pada hari Kamis, 21 Maret 2024 bertempat di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY   dengan pimpinan rapat Kepala Bidang Penaatan Pengkajian dan Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup Ag. Ruruh Haryata, S.H., S.T., M.Kes serta tenaga Ahli Validator KLHS Dr. Yuningtyas Setyawati, M.Si dan Johanes Hamidin, S.Si, M.Sc.

Adapun rangkaian proses validasi dijelaskan oleh Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo Tristijanti, S.IP, M.Si yakni pengajuan permohonan pra-validasi kepada Gubernur DIY, Cq Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DIY; perbaikan terhadap masukan dan saran koreksi internal sebelum pra-validasi; pelaksanaan Pra Validasi; perbaikan hasil telaah pra-validasi KLHS; pengajuan permohonan validasi kepada Gubernur DIY, Cq Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DIY; perbaikan terhadap masukan validasi; pengajuan hasil perbaikan validasi; dan penerbitan persetujuan validasi KLHS. Pokja penyusunan KLHS dalam kegiatan Validasi ini juga dibantu oleh tenaga ahli penyusun KLHS RPJPD.

Berdasarkan rapat validasi yang telah dilaksanakan, tenaga ahli validator sekaligus pendamping penyusun KLHS RPJPD Kabupaten Kulon Progo 2025-2045 Dra. Yuningtyas Setyowati, M.Si menyampaikan bahwa dokumen KLHS RPJPD Kabupaten Kulon Progo 2025-2045 telah terintegrasi dalam dokumen RPJPD serta memenuhi persyaratan baik secara administrasi maupun substansi.

Oleh karena itu dinyatakan bahwa dokumen KLHS RPJPD Kabupaten Kulon Progo 2025-2045 tervalidasi dan dapat dimanfaatkan rekomendasinya dalam dokumen RPJPD yang disusun oleh Bappeda Kulon Progo. (Putri)