Pelaksanaan Seleksi THL Pendata Pengawasan Lingkungan Tahun 2021

Dalam rangka mendukung tugas Seksi Penaatan Lingkungan dalam melaksanakan kegiatan pengawasan lingkungan terhadap usaha/kegiatan yang memiliki izin lingkungan, diperlukan adanya petugas pendata pengawasan lingkungan. Untuk rekruitmen pendata pengawasan dimaksud maka dibentuklah panitia seleksi melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nomor 8/LH-KP/II/2021.


Panitia Seleksi mulai melaksanakan rapat koordinasi persiapan seleksi tenaga pendata pengawasan lingkungan pada tanggal 2 Februari 2021 dimana hasil dari koordinasi tersebut adalah panduan seleksi tenaga pendata pengawasan lingkungan tahun 2021. Tahap awal dari seleksi ini adalah pengumuman pembukaan seleksi pada tanggal 8 Februari 2021 melalui papan pengumuman dan laman Dinas Lingkungan Hidup.


Setelah pendaftaran seleksi peserta dan pengiriman berkas lamaran ditutup, pada tanggal 15 Februari 2021 dilaksanakan seleksi administrasi terhadap 49 berkas lamaran peserta yang masuk. Pengumuman hasil seleksi administrasi dilaksanakan tanggal 16 Februari 2021 melalui laman Dinas Lingkungan Hidup dengan hasil yang diperoleh sebanyak 8 peserta memenuhi kelengkapan berkas dan syarat administrasi, dimana 8 peserta tersebut berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tes tertulis.


Pelaksanaan tes tertulis pada tanggal 18 Februari 2021 diikuti oleh seluruh peserta yang lolos seleksi administrasi. Tes dimulai pada pukul 09.00-11.30 WIB. Pengumuman hasil tes tertulis dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2021 dengan hasil tiga peserta dengan nilai terbaik berhak mengikuti tes wawancara sebagai tahap akhir dari rangkaian seleksi petugas pendata pengawasan lingkungan.


Tes wawancara dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2021 di DLH pukul 09.00-selesai. Pengumuman hasil tes wawancara dan hasil akhir seleksi dilaksanakan tanggal 24 Februari 2021 melalui laman DLH dan didapatkan 1 peserta yang diterima menjadi petugas pendata pengawasan lingkungan tahun 2021.


Terhadap peserta yang dinyatakan diterima ini akan dilaksanakan penandatanganan kontrak kerja yang direncanakan pada hari Senin tanggal 1 Maret 2021. Dengan demikian yang bersangkutan nantinya resmi menjadi THL di Dinas Lingk Hidup dan direncanakan aktif melaksanakan tugas mulai bulan Maret 2021 ini. (Visensa Gerosa Citra Yuni Untari)