HUT TAGANA 2021 : DLH Kulon Progo Sumbang Bibit Pohon

Dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta yang ke-17 tahun 2021 Apel Siaga akan dilaksanakan pada Hari Sabtu Tanggal 20 Februari 2021 di Banaran, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulon Progo.

Dinas Lingkungan Hidup Kab. Kulon Progo memberikan bantuan bibit pohon berupa pohon Cemara Udang (100 pohon) dan pohon Pule (20 pohon) untuk HUT TAGANA yang berasal dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) yang akan ditanam di Pesisir Pantai Selatan dan Muara Sungai Progo.

Serah Terima bibit pohon oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup kepada Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam dan Sosial, disaksikan oleh Kepala Seksi Pengkajian dan Konservasi Lingkungan beserta staf, Jum'at (19/2/2021).

Apabila dilakukan secara tepat dalam perencanaannya, pemilihan jenis, waktu penanaman, dan pemeliharaan, adanya penanaman pohon ini diharapkan dapat menjadi upaya penghijauan yang efektif.

Selain itu, nantinya pohon-pohon tersebut dapat menahan erosi dan mencegah terjadinya bencana banjir.

Pemilihan muara sungai tentunya bukan tanpa alasan, pemanfaatan potensi sumberdaya alam di dalam DAS (Daerah Aliran Sungai) untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan manusia telah menyebabkan terjadinya degradasi lahan yang dahsyat.

Perubahan pemanfaatan sumberdaya alam yang tidak terkendali akan mempengaruhi fungsi dan keseimbangan lingkungan termasuk proses-proses hidrologis di dalam wilayah DAS, akibatnya, terjadi ketidakseimbangan neraca air, sedimen, hara dan rusaknya habitat keanekaragaman hayati

Tema yang diusung dari HUT TAGANA Tahun 2021 yaitu “Sinergi Bersama Multi Pihak, Sukseskan Tagana Menjaga Alam”. Harapannya, masyarakat dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam mewujudkan kesiapsiagaan alam dalam upaya pengurangan resiko bencana dengan menjalin koordinasi dan sinergitas berbasis kearifan lokal yang ada. (Fitri Indriana Susanti)