Sukseskan Program Adiwiyata, DLH dan Disdikpora Sepakat MoU

WARTA DLH, PENGASIH - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menyepakati perjanjian kerjasama dalam rangka menyukseskan program adiwiyata di Kabupaten Kulon Progo.

Kepala DLH Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si mengatakan, sesuai kapasitasnya DLH melakukan pendampingan terhadap calon sekolah adiwiyata secara berjenjang. Sekolah yang telah mendapat pendampingan diharapkan mampu memperoleh hasil yang baik dalam penilaian adiwiyata baik di tingkat DIY maupun Nasional.

“Dipadukan dengan pendidikan karakter, melalui sekolah adiwiyata akan dihasilkan kader-kader peduli lingkungan,” ujarnya usai penandatanganan MoU bersama Kepala Disdikpora di Aula DLH, Senin (18/1/2021).

Ditegaskan Sumarsana, apabila kader peduli lingkungan tidak dipersiapkan mulai dari sekarang, tentu kerusakan lingkungan yang terjadi di masa mendatang akan semakin parah.

Sementara itu Kepala Disdikpora Kulon Progo Arif Prastowo, S.Sos.,M.Si mengungkapkan, persoalan lingkungan tidak sekedar peserta didik mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan lingkungan, tetapi lebih ke arah perubahan mindset dan komitmen untuk menciptakan sekolah yang berbudaya lingkungan.

“Mewujudkan adiwiyata perlu strategi terpadu dan keterlibatan serius baik dari unsur internal sekolah maupun eksternal,” ungkapnya. 

Menurut Arif Prastowo, banyak sekolah di Kabupaten Kulon Progo yang saat ini mulai berinovasi dan berkreasi dalam mengelola lingkungan.

“Kami beserta jajaran menyambut baik dan memberikan apresiasi karena DLH telah menggelorakan semangat budaya lingkungan di tiap jenjang sekolah,” ucapnya. (Prd)