Bertepatan Hari Bela Negara, Anggota Saka Kalpataru Kabupaten Kulon Progo Resmi Dilantik

WARTA DLH, WATES – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo Drs. Sumarsana, M.Si melantik dan mengukuhkan anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru periode 2020/2021.

Prosesi pelantikan berlangsung di komplek Kantor DLH Jl. Sugiman Margosari Kapanewon Pengasih, bertepatan dengan momentum peringatan Hari Bela Negara, Sabtu (19/12/2020).

Dikonfirmasi WARTA DLH usai pelantikan, Sumarsana menuturkan Saka Kalpataru merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari DLH Kulon Progo. Melalui satuan karya ini diharapkan menjadi ladang penanaman cinta lingkungan kepada generasi muda.

“Anak-anak yang tergabung di dalamnya adalah agen dalam upaya penyelamatan lingkungan dan mengedukasi masyarakat perihal lingkungan hidup,” tuturnya.

Sumarsana menambahkan dengan melibatkan seluruh jajaran struktural DLH dalam Tim Pembina, ia berkeyakinan anggota Saka Kalpataru dapat ditempa untuk pendalaman wawasan pengetahuan selaras dengan tupoksi dan ketugasan masing-masing seksi.

“Misalnya terkait dengan pengujian kualitas air sungai dan udara, pengelolaan sampah organik dan anorganik, pelestarian mata air, konservasi lingkungan, dan lain-lain,” sebutnya.

Kepala Dinas mengapresiasi prestasi yang diraih Saka Kalpataru di tahun 2020, antara lain meraih Juara I dan Juara III dalam Lomba VLOG serta Juara Tim Terbaik 1 Putra dan Juara 3 Fotografi dalam ajang JELITAKU yang diselenggarakan oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kulon Progo.

“Semoga prestasi tersebut bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Optimis bahwa capaian prestasi di tahun 2021 lebih banyak dan lebih baik lagi,” harapnya.

Ketua Panitia Kegiatan Fanda menjelaskan, pelantikan digelar secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Jumlah anggota Saka Kalpataru yang dilantik pada kesempatan tersebut berasal dari hasil rekruitmen bulan Oktober lalu. Jumlah pendaftar anggota Saka Kalpataru pada tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan periode sebelumnya.

Jika tahun kemarin (2019-red) hanya 23 orang, yang dilantik sekarang sebanyak 37 orang terdiri dari 23 putri dan 8 putra.

“Peserta hadir langsung ada 31 orang, sisanya via daring. Persebaran sekolah asal masing-masing anggota juga meluas antara lain dari SMA N 1 Wates, SMA N 2 Wates, SMK N 1 Pengasih, SMK N 1 Pengasih, SMK N 2 Pengasih, SMK N 1 Panjatan, dan SMK N 1 Kokap,” ujarnya.

“Setelah dilantik, anggota Saka Kalpataru yang baru unjuk kebolehan dengan menampilkan berbagai atraksi kesenian per kelompok dilanjutkan sharing, pencarian jati diri, dan pengukuhan,” jelas siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK N 2 Pengasih ini.

Acara diakhiri dengan kegiatan Bakti Saka berupa penanaman bibit pohon tabebuya di sepanjang jalan Bong Cino Giripeni Kapanewon Wates. (Prd)