Pelepasan Penyu Sebagai Upaya Pelestarian Terhadap Satwa Dilindungi

Masyarakat kini telah mengerti akan arti pentingnya pelestarian penyu, yang saat ini keberadaannya telah semakin berkurang di habitatnya. Salah satu penyu yang dilindungi yaitu penyu lekang  Lepidochelys olivacea . Penyu tersebut ditemukan tersangkut mata pancing. Informasi tersebut diberitahukan kepada petugas lanal Pantai Congot yang kemudian diteruskan ke Bapak Saptono Tanjung ( Yayasan Damar). Dalam rangka penyelamatan hewan tersebut maka juga diinformasikan kepada BKSDA.

Sabtu pagi pada tanggal 21 November 2015 dilakukan pelepasan penyu tersbut ke habitatnya di Muara Sungai Bogowonto. Kegiatan ini dilakukan secara bersama- sama oleh Pak Roky (Lanal Pantai Congot), Pak Warko ( Pokwamas), Pak Saptono Tanjung ( Yayasan Damar) serta Pak Sapto ( Komunitas mangrove Purworejo), serta pihak lain yang peduli terhadap konservasi penyu. 

Selanjutnya Saptono Tanjung berharap agar masyarakat ikut serta melepas penyu agar populasi penyu tumbuh berkembang seperti dahulu. Selain itu kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi ajang kampanye publik akan pentingnya pelestarian penyu yang semakin hari semakin langka.