STEMBAYO Tempatkan Siswa PKL Di DLH Kulon Progo Selama Setengah Tahun

WARTA DLH, WATES – SMK Negeri 2 Depok yang berlokasi di Mrican Caturtunggal Depok Sleman atau tenar dengan sebutan STM Negeri Pembangunan Yogyakarta (STEMBAYO) menempatkan siswa untuk Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo.

Sebanyak 3 (siswa) Kelas XIII Program Keahlian Kimia Analisis akan menjalani PKL di DLH selama 6 (enam) bulan.

“Dalam rangka memenuhi tuntutan kurikulum, kami menugaskan 3 siswa untuk PKL ke DLH Kulon Progo terhitung mulai 1 Oktober 2020 sampai dengan 31 Maret 2021,” tutur Kaur Prakerin SMK N 2 Depok Sulastri, M.Pd kepada Warta DLH di sela-sela Serah Terima Siswa PKL di Kantor DLH Kulon Progo, Kamis (1/10/2020).

Mengenai pemilihan lokasi, Sulastri mengatakan, pihak sekolah lebih mengutamakan berdasarkan pilihan siswa yang bersangkutan.

“DLH Kulon Progo dipilih karena sesuai dengan latar belakang program keahliannya. Meskipun secara lokasi dirasa jauh dari sekolah, tapi demi ilmu yang mengena,” ujarnya.

Guru Kimia Analisis SMK N 2 Depok sekaligus Guru Pembimbing Nanik Utami mengatakan, pihak sekolah mengharapkan banyak tambahan ilmu, wawasan, dan pengetahuan yang kelak akan didapat selama ketiga siswa tersebut PKL di DLH.

“Kami berharap kepada Bapak/Ibu di DLH berkenan membimbing anak-anak kami sehingga mereka bisa menimba ilmu sebanyak mungkin dan mengaplikasikan teori yang sudah didapat dari bangku sekolah. Semua pengalaman selama di DU/DI tentu sangat bermanfaat sebagai bekal kontribusi dan partisipasi mereka dalam turut serta memajukan bangsa,” kata Nanik yang mendampingi Kaur Prakerin.

Nanik menyebutkan, nama siswa yang menjalani PKL di DLH masing-masing adalah Desti Nicawati, Halisa Cahyati Fadillah, dan Marta Pramesti Sutrisno.

Serah Terima Siswa PKL, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Harliantoro, S.Si mewakili pihak DLH Kabupaten Kulon Progo. Harliantoro menyampaikan terimakasih atas terjalinnya kerjasama dan kepercayaan yang diberikan SMK N 2 Depok.

“Ini adalah kerjasama yang pertama kali dengan STEMBAYO dalam hal penempatan siswa PKL. Semoga tahun-tahun mendatang kerjasama serupa dapat dilanjutkan dan ditingkatkan,” ucap Harli. (Prd)