Sowan Ke DLH, Rombongan BPBJ Ingin Ngangsu Kawruh

WARTA DLH, WATES – Rombongan dari Bagian Pengadaan Barang/Jasa (BPBJ) Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo berkunjung ke kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Rabu (30/9/2020).

Kepala BPBJ Setda Kulon Progo Taufiq Amrullah, S.T.,MM selaku Ketua Rombongan mengatakan, selain silaturahmi, kunjungannya ke DLH Kulon Progo dalam rangka ngangsu kawruh (menimba ilmu-red) kepada Pak Sumarsana.

“Bapak Drs. Sumarsana, M.Si yang kini menjabat sebagai Kepala DLH, beliau termasuk tokoh yang berperan penting dalam pendirian Unit Layanan Pengadaan (ULP) sebagai cikal bakal BPBJ saat ini,” ujarnya.

Taufiq menjelaskan ULP dibentuk berdasarkan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 49 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Organisasi Dan Tata Kerja Unit Layanan Pengadaan.

Pendirian ULP dilaksanakan saat Pak Sumarsana menjabat sebagai Kepala Bagian Administrasi Pembangunan pada periode masa jabatan 19 Januari 2011 – 18 April 2012.

“Banyak hal yang beliau pesankan kepada Kami. Pada intinya, beliau berharap agar BPBJ lebih profesional sebagai lembaga yang melaksanakan pengadaan barang/jasa. Pokja-pokja dalam menjalankan tugasnya agar mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutur Taufiq.

Terhadap harapan tersebut, pihaknya berkomitmen BPBJ tidak hanya berperan sebagai “tukang lelang”, tetapi juga menjadi “center of excellent” yaitu pusat pembinaan dan pelayanan.

“Kami berkomitmen BPBJ sebagai rujukan pengadaan barang/jasa di Kabupaten Kulon Progo. Sebagai mentor OPD dalam pengadaan barang/jasa, BPBJ dilibatkan dalam perencanaan dan penyusunan RKA,” kata Taufiq yang resmi dilantik Bupati sebagai Kepala BPBJ bulan Agustus lalu (10/8/2020).

Taufiq menegaskan, di bawah kepemimpinannya, BPBJ akan proaktif dalam pembinaan dan percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa dan mewujudkan proses pengadaan yang bersih, transparan, dan benar-benar bebas dari intervensi pihak manapun. (Prd)