Surat Edaran Bupati Kulon Progo Tentang Kegiatan World Cleanup Day (WCD) Indonesia 2020

Kegiatan World Cleanup Day perlu didukung dengan membangun sebuah gerakan yang masif, sistematis dan konsisten yang dilaksanakan oleh seluruh elemen masyarakat secara luas berupa “Aksi Cleanup dan Pilah Sampah dari Rumah”.

Berkenaan dengan hal tersebut, dihimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kabupaten Kulon Progo sesuai dengan peran masing-masing sebagai berikut :

Kepada Kepala OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, Panewu, Lurah, TP PKK :

  1. Mendorong dan menggerakkan seluruh komponen masyarakat untuk membangun budaya memilah sampah (organik dan anorganik) dari rumah, kantor, rumah makan, fasilitas publik, obyek wisata dan sumber-sumber timbulan sampah lainnya agar memudahkan pengelolaan lebih lanjut;
  2. Melakukan gerakan peningkatan pemahaman dan kepedulian publik melalui kampanye, edukasi dan informasi kepada masyarakat untuk memilah sampah mulai dari rumah;
  3. Mendorong dan memastikan gerakan bank sampah di setiap Kalurahan/Pedukuhan dan menyalurkan sampah layak daur ulang/bernilai ekonomi ke bank sampah atau melalui sedekah sampah dan TPS 3R terdekat, serta mendaur ulang sampah organik menjadi kompos pada tanggal 19 September 2020 melalui kegiatan World Cleanup Day;
  4. Membangun dan meningkatkan sistem pengumpulan dan pengangkutan sampah secara terpilah di tengah masyarakat serta menyediakan infrastruktur pengelolaan sampah melalui alokasi anggaran dana desa untuk pengelolaan sampah.

Kepada pimpinan BUMD, BUMN dan Perusahaan Swasta untuk dapat mendukung Gerakan World Cleanup Day dengan mewujudkan kewajiban dalam pengurangan sampah melalui dana CSR kepada kelompok-kelompok pengelola sampah (bank sampah, KSM sampah, program kampung iklim, pengelola sampah 3R).

Kepada seluruh Bank Sampah di Kabupaten Kulon Progo untuk mensukseskan Gerakan World Cleanup Day (WCD) pada tanggal 19 September 2020 melalui kegiatan menabung sampah secara serentak terhadap sampah yang sudah dipilah dari rumah.

Lihat selengkapnya surat edaran klik : DOWNLOAD