Peringatan Hari Pramuka : DLH dan Saka Kalpataru Gelar Upacara Plus Koordinasi Persampahan

WARTA DLH, WATES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo bersama dengan Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke-59 Tahun 2020.

Dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan, pelaksanaan upacara bertempat di halaman DLH, Jumat (14/8/2020). Peserta berasal dari unsur karyawan/ti dan perwakilan anggota Saka Kalpataru Kabupaten Kulon Progo.

Kepala DLH Kulon Progo Drs. Sumarsana M.Si yang bertindak selaku Pembina Upacara mengatakan, tema hari pramuka tahun ini adalah "Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 Dan Bela Negara".

“Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia, bahkan di seluruh dunia juga mengalami,” kata Sumarsana dalam amanatnya.

Meskipun gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, dan bukan organisasi bantuan sosial, gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat, dan pembangunan masyarakat.

“Sejak terjadi wabah Covid-19 yang telah melanda negara kita, gerakan pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangan. Dimulai dari hal-hal kecil bagi anggota pramuka itu sendiri, seperti menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila berpergian ke luar rumah, dan menjaga jarak di keramaian, yang pada intinya juga harus mematuhi protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” tuturnya.

Sejalan dengan kode kehormatan gerakan pramuka, berupa Dwi Satya dan Tri Satya serta Dwi Darma maupun Dasa Darma Pramuka, yang bagian utamanya adalah untuk menekankan kepada para pramuka agar dapat "Menolong sesama hidup" Dan "Mempersiapkan diri serta Ikut membangun masyarakat", Kepala Dinas menekankan peranan Saka untuk berpartisipasi dalam mewujudkan lingkungan hidup yang bersih dan sehat.

“Disebutkan dalam Dasa Darma bahwa pramuka itu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia,” tandasnya.

Kepala Dinas melaunching secara resmi jargon Siaga Berjibaku Melawan Sampah Kulon Progo (SIBAKU). Jargon ini merupakan bentuk komitmen dan penyemangat untuk mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Kulon Progo.

“SIBAKU. Reduce, Reuse, Recycle. Tuntas,” pekiknya diikuti seluruh peserta.

Bagian rangkaian Peringatan Hari Pramuka Ke-59, usai upacara, DLH dan Saka Kalpataru mengadakan koordinasi bersama terkait pengelolaan persampahan sesuai dengan tupoksi masing-masing. (Prd)