HUT Kemerdekaan RI: Rombongan Ini Ke Parang Kusumo Ikut Upacara Pakai Layang-Layang

WARTA DLH, KRETEK – Rombongan Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru yang bernaung di bawah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo mengikuti upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75 Tahun 2020 di Pantai Parang Kusumo, Senin (17/8/2020).

Ketua Pimpinan Saka Kalpataru selaku Ketua Rombongan Herri Setyowati, S.H menuturkan, upacara yang digelar terbilang unik. Pasalnya, bendera merah putih dikibarkan menggunakan media layang-layang.

“Berbeda dengan upacara umumnya, kali ini memakai layang-layang sebagai piranti untuk menaikkan bendera,” tuturnya.

Teknis pengibaran, bendera merah putih berukuran 2 m x 3 m diikatkan pada tali yang tersambung dengan layang-layang.

“Bendera dinaikkan bersamaan dengan terbangnya layang-layang. Layang-layangnya berbentuk segitiga, warnanya juga merah putih,” tambahnya.

Menurut Herri, keikutsertaan Saka Kalpataru Kulon Progo dalam kegiatan tersebut atas undangan dari Perkumpulan Pegiat Layang-Layang Nusantara TALIKAMA yang bersekretariat di Sosrokusuman DN 1/ 111, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta.

“Dari Saka Kalpataru mengirimkan personil 8 orang. 2 diantaranya turut menjadi petugas,” katanya.

Salah satu peserta, Masriroh menyatakan kekagumannya. Baru pertama kali ini ia mengikuti upacara bendera yang memakai layang-layang.

“Bagus, keren, unik. Pengunjung pantai juga banyak yang melihat,” ujarnya.

Meski diikuti puluhan peserta dari berbagai komunitas, upacara tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. Petugas dan peserta memakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak satu sama lain. Ketua umum TALIKAMA Ir. RM. Herdjuno Sukotjoadi bertindak sebagai Pembina Upacara. (Prd)