Di Kulon Progo : Gazebo Merokok Alih Fungsi Jadi Musholla

WARTA DLH, WATES – Gazebo yang terletak di deretan belakang kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo beralih fungsi menjadi musholla.

Agar pengalih-fungsian tersebut dapat berjalan sesuai aturan yang berlaku, DLH secara resmi melayangkan permohonan ke Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo.

“Kami mengajukan permohonan untuk mengalih-fungsikan gazebo merokok yang berada di DLH yang dibangun pada tahun 2013, dengan ukuran sekitar 4 m x 4 m menjadi musholla, sehubungan bangunan dimaksud kurang fungsional. Alhamdulillah permohonan diterima,” kata Sekretaris DLH Kulon Progo Taufiq Amrullah, S.T.,MM kepada WARTA DLH, Senin (10/8/2020).

Menurut Taufiq, DLH saat ini hanya memiliki musholla berukuran 3 m x 3 m yang menyatu dengan bangunan Laboratorium Lingkungan.

Mengingat mushola yang lama berukuran cukup sempit, sehingga jika akan sholat berjama’ah harus rela antri.

“Oleh karena itu, kami melakukan perombakan antara lain dengan memperluas bangunan menjadi berukuran 7 m x 6 m. Kami juga telah berkoordinasi dengan Bidang Aset pada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kulon Progo,” imbuhnya.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Sekretariat DLH Kulon Progo yang bertindak selaku Ketua Panitia Pembangunan Musholla menjelaskan, pendanaan berasal dari tiga sumber yaitu Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kulon Progo, dan infaq.

Dari APBD 8,4 juta, dari BAZNAS 16 juta. Sedangkan dari infaq, posisi sekarang terkumpul 12,8 juta. Bagi siapa saja yang berkeinginan infaq dipersilahkan menghubungi panitia di DLH. Semoga menjadi amal jariyah,” tuturnya.

Sampai dengan berita ini diturunkan, pembangunan musholla telah berjalan 70 %.

“Masih ada pekerjaan plafon, instalasi listrik, pengacian dinding dan pemasangan keramik,” ujarnya.

Ia menambahkan, tahap selanjutnya ada penambahan asesoris seperti kubah, tempat wudhu, perlengkapan sound, dan lemari penyimpan perlengkapan. (Prd)