Asset Akan Diserahterimakan, Jumlah Pot Tidak Genap Dan Tanaman Ada Yang Lenyap

WARTA DLH, WATES – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo berencana menyerahkan asset kepada Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Dan Kawasan Permukiman (DPUPKP). Asset yang akan diserahterimakan berupa tanaman perindang dalam pot, berada di ruas-ruas jalan perkotaan Wates.

Pengadministrasi Sarana Prasarana pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Sekretariat DLH, Widodo mengatakan, berdasarkan hasil survei untuk pot di ruas Jalan Khudori, Jalan Muh. Dawam, Jalan Diponegoro, Jalan Sugiman, dan Area Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kulon Progo dari 150 pot pengadaan tahun 2019 yang ditanami Taibu China, hanya ditemukan 148 pot.

Sedangkan, dari 30 pot pengadaan tahun 2016 di Jalan Sutijab hingga Terminal Wates yang ditanami Nogosari dan Bintaro, hanya ditemukan 29 pot.

“Jumlah pot tidak sesuai dengan jumlah dulu waktu pengadaan. 3 pot hilang. Selain itu, ada beberapa pot yang tanamannya lenyap. Ada pula yang sudah berganti tanaman,” tuturnya pada Warta DLH, Rabu (29/7/2020).

DLH bersama dengan UPT Persampahan Air Limbah dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman melakukan survei lapangan pada Kamis (23/7/2020), untuk mengetahui kondisi riil barang. Semua pot dihitung kembali dan dicek tanamannya.

“Pot nya retak atau tidak, tanamannya mati atau tidak, atau malah ditanami jenis lain,” ujarnya.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Sekretariat DLH Kulon Progo Harliantoro, S.Si menjelaskan, selama ini tanaman perindang dalam pot yang pengadaannya dilakukan oleh DLH belum diserahkan kepada DPUPKP. Meskipun demikian, setiap harinya yang merawat dan menyiram adalah DPUPKP dalam hal ini UPT Persampahan Air Limbah dan Pertamanan.

“Secara khusus, UPT bersedia menerima penyerahan asset tersebut apabila diikuti dengan penganggaran biaya penyiraman dan perawatan. Mekanisme untuk mengusulkan anggaran perawatan dan penyiraman, antara lain terdapat  berita acara penyerahan asset dari DLH kepada DPUPKP,” jelasnya. (Prd)