Angkasa Pura Kaji 3 Alternatif Pembuangan Air Hujan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)

WARTA DLH, TEMON – PT. Angkasa Angkasa Pura (I) Persero melakukan kajian-kajian pembuangan air hujan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) ke arah Sungai Serang atau Laguna. Melalui surat tertanggal 9 Juni 2020, Taochid Purnomo Hadi Project Manager Proyek Pembangunan Bandar Udara Internasional Yogyakarta menyampaikan solusi alternatif yang ditawarkan.

Disebutkan, terdapat 3 (tiga) alternatif pembuangan dengan hasil sebagai berikut. Alternatif pertama / 1A, outlet saluran menuju ke arah sungai Serang dengan panjang lahan yang dibutuhkan adalah 293 meter dan lebar 7,7 meter. Pada lahan rencana terdapat bangunan eksisting dan rumah warga.

Alternatif kedua / 1 B, outlet saluran ke arah muara sungai Serang dengan panjang lahan yang dibutuhkan adalah 148 meter dan lebar 7,7 meter. Pada lahan rencana terdapat bangunan water breaker dan rumah makan.

Alternatif ketiga / 2, outlet saluran menuju ke arah Laguna dengan panjang lahan yang dibutuhkan adalah 90 meter dan lebar 7,7 meter. Lahan rencana merupakan area Laguna yang tidak ada aliran langsung ke arah pantai/laut.

Keseluruhan alternatif sudah dilakukan kajian terhadap dampak-dampak yang sekiranya dapat ditimbulkan sebagai bahan pertimbangan penentuan lokasi outlet saluran bandara sisi timur.

Oleh karena itu, pihaknya mengajukan permohonan arahan kepada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo terkait finalisasi solusi yang ditempuh. (Prd)