Memutus Rantai Corona, DLH Kulon Progo Bersama DLHK DIY Bagi Masker Di Pasar Sentolo

WARTA DLH, WATES – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan pembagian masker di Pasar Desa Sentolo (Pasar Sentolo Lama), Jum’at pagi (15/5). Kegiatan ini dalam rangka memutus rantai penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Daerah Istimewa Yogyakarta secara keseluruhan.

Ratusan masker habis dibagi kepada pedagang, pengunjung pasar, maupun pengendara serta pejalan kaki yang belum memakai masker dan kebetulan melintas.

Sekretaris DLH Kulon Progo Taufiq Amrullah, S.T.,M.M menuturkan, latar belakang kegiatan sebagai tindak lanjut surat dari Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta nomor: 443/7538 tanggal 12 Mei 2020 terkait Gerakan Wajib Pakai Masker.

“Menindaklanjuti surat dari Wakil Gubernur DIY Selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY, pada hari ini serentak dilakukan pencanangan gerakan wajib memakai masker kepada seluruh masyarakat di wilayah DIY. Dilanjutkan dengan pembagian masker di sejumlah tempat strategis di seluruh Kabupaten/Kota se-DIY. Kami bersama rekan-rekan dari DLHK DIY mendapatkan lokasi di Pasar Sentolo ini,” tuturnya di sela-sela acara.

Taufiq menambahkan, guna memutus rantai penyebaran COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta maka masyarakat dihimbau menjaga jarak (Physical Distancing), memakai masker, mencuci tangan dengan air mengalir serta tetap tinggal di rumah.

“Selain membagi masker, juga memasang spanduk berukuran 1 x 3 meter dengan tema ‘Area Wajib Pakai Masker’ di lokasi pembagian,” imbuhnya.

Usai pembagian masker di Pasar Sentolo berakhir, rombongan DLH Kulon Progo yang dipimpin langsung Kepala Dinas Drs. Sumarsana, M.Si bergegas menuju Pasar Hewan Terpadu di Pengasih untuk turut serta mendampingi Bupati Kulon Progo dalam acara serupa. (Prd)