Teknik Mendaur Ulang Sampah Kertas

Salah satu upaya untuk mengurangi timbulan sampah kertas adalah melalui pemanfaatan kembali menjadi Kertas Daur Ulang (KDU). Kertas Daur Ulang (KDU) merupakan kertas yang berasal dari kertas tidak terpakai kemudian diolah menjadi kertas bermanfaat. Dengan mendaur ulang kertas maka akan diperoleh kertas yang bernilai tinggi terutama nilai ekonomi dan ekologi.

Sebelum membuat KDU, terlebih dahulu dipersiapkan tempat kerja, meliputi: tempat pembuatan bubur kertas, tempat pencetakan kertas, tempat penjemuran, tempat penyimpanan bahan baki, dan tempat penyimpanan produk.

Peralatan yang dibutuhkan antaralain screen berukuran 25 cm x 25 cm atau 35 cm x 45 cm, list screen, meja jemur, standar meja, rakel 20 cm, gunting, sarung tangan, bak plastik, gayung, selang plastik, bak rendam berukuran 60 cm x 70 cm, ember plastik, blender, pengaduk, dan kain serap. Bahan-bahan baku yang harus tersedia yaitu sampah kertas, air, rumput, pelepah pisang, lem kayu, dan pewarna.

Sebagai langkah awal, kertas dicacah hingga berukuran kecil. Potongan kertas kemudian direndam di dalam air panas selama 36 jam. Hasil rendaman diblender sampai halus. Siapkan bak rendaman dan isi dengan air secukupnya.

Bubur kertas dimasukkan dalam bak rendaman dengan takaran 5 liter bubuk kertas airnya 20 liter. Encerkan 1 sendok lem kayu dan masukkan ke dalam bubuk kertas cair. Bahan tambahan lainnya seperti rumput dan pelepah pisang diblender dan diencerkan kemudian dicampurkan ke dalam rendaman bubur kertas.

Rendaman bubur kertas diaduk rata setiap akan dicetak. Bubur kertas diambil selapis tipis menggunakan screen dengan cara mencelupkannya ke dalam bak rendaman bubur kertas. Screen diangkat mendatar dari bak rendaman bubur kertas dan tiriskan dengan posisi mendatar.

Selanjutnya tempelkan perlahan di atas papan jemur yang sudah dilapisi kain serap. Setelah rata, screen diangkat perlahan sehingga bubur kertas melekat pada kain serap. Jemur hingga kering, setelah kering kertas cetakan dilepas perlahan. Selamat Mencoba ! (Prd)