Kantin Bu Parni Resmi Sewa Tempat Di DLH

WARTA DLH, WATES – Kantin Bu Parni yang berlokasi di dekat ruang dapur Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kulon Progo secara resmi menyewa tempat untuk kegiatan usaha. Kata sepakat tercapai dalam pertemuan yang digelar pada Rabu (22/4) di Ruang Rapat DLH melibatkan jajaran struktural DLH dan pengelola kantin.

Secara terperinci, pertemuan membahas penggunaan aset Pemerintah Kabupaten Kulon Progo berupa sebagian bangunan dan barang milik daerah yang berlokasi di DLH Kulon Progo untuk usaha kantin milik Bu Parni.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian DLH Kulon Progo Harliantoro, S.Si menjelaskan, dasar hukum penetapan sewa adalah Peraturan Bupati Nomor 57 Tahun 2015 tentang Tata Cara Sewa Barang Milik Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

"Mengacu pada peraturan tersebut, penggunaan barang milik daerah dapat berupa sewa atau pinjam pakai. Sistem pinjam pakai jika digunakan antar sesama lingkup pemerintah, misalnya antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pemerintah desa, pemerintah provinsi, dan/atau organisasi kepemerintahan yang lain," jelasnya.

ia menambahkan, apabila kerjasama sewa dengan pihak ketiga, maka sistem yang digunakan adalah sewa menyewa. Dengan demikian, penggunaan sebagian bangunan DLH untuk usaha kantin ditindaklanjuti dengan mekanisme sewa menyewa.

Perhitungan biaya sewa dilakukan menurut formula yang tercantum dalam perbup yaitu (3,33% x Lt x Nilai tanah) + (6,64 % x Lb x Hs x Nsb). Adapun luas bangunan yang digunakan untuk kantin sebesar 2 m x 7,5 m.

"Sebagai kelengkapan dokumen permohonan sewa, berkas yang dipenuhi meliputi Berita Acara Penelitian Gedung Bangunan Milik Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Berita Acara Kesepakatan Harga Sewa, Perjanjian Sewa, Surat Permohonan Persetujuan Sewa Barang Milik Daerah, Surat Penyataan Kepala OPD, dan Surat Pernyataan Penyewa," kata Harli. (Prd)