Evaluasi Pondok Pesantren Berwawasan Lingkungan di Ponpes Tahfidzul Quran, Sentolo

Pondok pesantren Tahfidzul Quran yang beralamat di Ngrandu, Salamrejo, Sentolo ditunjuk mewakili Kulon Progo dalam evaluasi pondok pesantren (pontren) berwawasan lingkungan hidup tingkat DIY. Evaluasi dilaksanakan hari ini Kamis, 12/06/2015 oleh BLH DIY dan Kanwil Kemenag DIY. Camat Sentolo, Ir. Aspiyah, MM dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung adanya kegiatan ini karena dapat dijadikan evaluasi terhadap pengelolaan lingkungan hidup pontren sehingga kedepannya dapat lebih baik lagi. Pendiri dan pengasuh pontren, KH. Imam Subarno juga menyambut positif kegiatan ini. Pada kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan kondisi pontren yang diasuhnya. 

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kepedulian dan partisipasi seluruh warga pontren terhadap pengelolaan pontren yang wamah lingkungan. Selain itu nantinya akan terbangun kemauan, kemampuan dan pengetahuan seluruh warga pontren dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Penyelenggaraan pontren berwawasan lingkungan secara garis besar terdiri dari tiga aspek, yaitu: aspek managemen, aspek kondisi fisik dan aspek pemberdayaan warga pontren. Aspek managemen meliputi: kelembagaan, peraturan, program kerja, anggaran, SDM, sarana prasarana, kerjasama, unit- unit kegiatan, monitoring dan evaluasi. Aspek kondisi fisik meliputi: kebersihan ruangan, kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah, penghijauan, efisiensi dan penghematan energi/ sumber daya. Sedangkan aspek pemberdayaan pontren meliputi: peningkatan kepedulian dan partisipasi pontren serta penyediaan informasi dan sarananya.