Masa Jabatan Sebagai Kadis LH Berakhir, Begini Curhatan Bapak Arif Prastowo

WARTA DLH, WATES – Memegang pucuk pimpinan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo selama 2 tahun sejak 6 April 2018, masa jabatan Bapak Arif Prastowo, S.Sos., M.Si resmi berakhir pada 27 April 2020.

Hari Selasa (28/4), beliau dilantik sebagai Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, menggantikan Bapak Drs. Sumarsana.,M.Si. Di penghujung masa jabatan, beliau menyampaikan kesan, pesan, dan curhatan sebagaimana dikutip WARTA DLH secara lengkap, sebagai berikut:

Assalamu’alaikum Wr Wb

InsyaAllah besok pagi saya (Rabu 29 April 2020-red) sudah mulai bertugas di Dikpora. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya teman2  atas dukungan, kerjasama, dan komunikasi yang sangat baik di saat saya berada di tengah2 teman2 semua. Waktu dua tahun bagi saya terasa amat singkat. Meskipun begitu saya merasa telah mendapatkan pelajaran penting dari teman2 semuanya.

Saya datang dua tahun lalu dengan sangat antusias, penuh keinginan untuk belajar sesuatu yang baru bagi diri saya. Pergulatan setiap hari dengan berbagai aturan dan diskusi antara kita sungguh telah membawa saya masuk pada dunia baru yang sebelumnya sangat asing. Terimakasih kepada teman2 semua yang telah memberi banyak kesempatan kepada saya untuk belajar. Teman2 semua adalah guru bagi saya.

Saya menyadari waktu sesingkat itu tentu tidaklah cukup untuk  melakukan banyak hal. Banyak  hal belum terlaksana sesuai dengan rencana. Banyak hal yang belum tuntas. Banyak hal belum mencapai sempurna. Tetapi semua itu justru membuat kita lebih bersemangat dan lebih bertenaga. Karena saya tahu dukungan teman2 semua tulus dan luar biasa. Saya bisa merasakannya. Sangat nyaman rasanya.

Bagi saya yang terpenting  bukan soal hasil, tetapi fokus pada saat2  berproses itulah yang sebenarnya menunjukkan kapasitas kita. Saya rasa kita semua terlibat dalam proses yang sangat berharga  itu. Terimakasih banyak.

Jikapun kita sering mengalami masalah atau kesulitan dalam hal tertentu. Ataupun saat terjadi perdebatan yang cukup seru. Maka itu nanti  semua menjadi cerita manis yang setiap kali saya mengingatnya akan membuat saya tersenyum.

Besok pagi saya sudah tidak lagi berada di tengah2 teman2 semua. Saya akan pergi. Saya akan pamit. Tetapi saya tidak akan mengucapkan kata berpisah. Waktu dua tahun bersama dengan teman2 semua terlalu berharga untuk diakhiri dengan kata perpisahan. Saya tidak akan pernah mengatakan  itu. Meskipun tentu saja ada rasa sedih.

Terimakasih atas doa2 yang dipanjatkan, semoga Alloh SWT mengabulkan, aamiin. Doa teman2 telah membesarkan hati saya.

Yang justru ingin saya katakan  adalah permohonan maaf yang tulus  kepada teman2 semua. Tentu banyak tutur kata, sikap dan tindak tanduk saya yang pernah membuat teman2 tidak berkenan. Baik yang sengaja maupun tidak sengaja saya lakukan. Baik yang serius maupun canda. Sudilah kiranya memaafkan saya.

Terakhir, saya mohon kiranya kita senantiasa tetap saling mendoakan, sebagai sahabat baik.

Sehat dan sukses selalu untuk teman2 semuanya.

Wassalamu'alaikum Wr Wb