Bersiap Menghadapi Musim Kemarau 2020

WARTA DLH, WATES -  Musim kemarau tahun 2020 diprakirakan tidak lama lagi akan tiba. Berdasarkan Informasi Prakiraan Musim Kemarau 2020 D.I. Yogyakarta Update 26 Maret 2020 dari Stasiun Klimatologi Sleman, awal musim kemarau pada bulan depan.

Dalam press release nya, Stasiun Klimatologi Sleman menyampaikan, dengan mempertimbangkan kondisi fisis, dinamika atmosfer dan pemodelan statistik, maka untuk wilayah D.I. yogyakarta diperkirakan awal musim kemarau 2020 umumnya pada Mei 2020.

Sedangkan, wilayah Kabupaten Gunung Kidul bagian selatan dan sebagian kecil wilayah barat daya Kabupaten Kulon Progo pada April dasarian III (sepuluh hari terakhir April 2020).

Awal musim kemarau 2020, diprakirakan berkisar normal (sama dengan rata-ratanya) hingga lebih lambat 1 dasarian (10 hari lebih lambat bila dibandingkan dengan rata-ratanya).

Sifat hujan pada musim kemarau 2020 umumnya diprakirakan normal, kecuali wilayah Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Bantul bagian timur bawah normal.

Adapun puncak musim kemarau 2020 wilayah D.I. Yogyakarta diprakirakan pada Agustus 2020.

Kemungkinan dampak musim kemarau, masyarakat diharapkan untuk dapat lebih siap dan antisipatif, terutama di wilayah yang rentan terhadap bencana kekeringan meteorologis, kebakaran hutan dan lahan, dan ketersediaan air bersih.

Rubinem (75) warga Pedukuhan Tanggulangin Kalurahan Tanjungharjo berharap semoga musim kemarau di tahun 2020 tidak terlampau panjang.

"Mugi-mugi mongso ketigo ing taun menika mboten dowo. Menawi ketigo dowo, anggenipun garap sabin saha pados pakan radi rekaos," ucapnya dalam logat Jawa, Jum'at (17/4). (Prd)