COVID-19 Mewabah : Pelayanan Perizinan Di DLH Kulon Progo Beralih Ke Model Online

WARTA DLH, WATES- Dampak wabah Corona Virus Disease (COVID-19), pelayanan perizinan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo berganti model. Semula pelayanan di bidang lingkungan hidup dengan model tatap muka langsung, kini beralih ke model online.

Peralihan ke model online diberlakukan sejak Kamis (26/3) hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan. Kebijakan tersebut ditempuh untuk mengantisipasi penyebaran wabah Virus Corona.

“Dalam rangka social distancing, demi kesehatan bersama sebisa mungkin pelayanan perizinan dilakukan tanpa tatap muka langsung dengan pemohon. Konsultasi perizinan menggunakan cara online melalui telepon, Short Message Service (SMS), Whatsapp (WA), dan E-mail” terang Sekretaris DLH Kulon Progo Taufiq Amrullah, S.T.,M.M.

Dalam berkonsultasi, pemohon izin yang menggunakan layanan telepon, SMS, atau WA dapat menghubungi call center perizinan melalui nomor 0812-2839-9403 (Sdr. Resthu Aviantono). Sedangkan, jika via e-mail maka dapat dikirimkan ke alamat dlh@kulonprogokab.go.id.

Formulir-formulir perizinan, dikatakan Taufiq, dalam bentuk hard copy (print out pada kertas) sudah disediakan di loker depan Ruang Perizinan DLH. Pemohon izin dapat mengambil formulir-formulir tersebut secara gratis tanpa dipungut biaya ganti cetak.

“Formulir dalam bentuk file (soft copy) dapat diunduh di laman website DLH https://dlh.kulonprogokab.go.id/ pada menu Download,” tambahnya.

Permohonan izin yang karena suatu hal sehingga memerlukan pelayanan langsung, tetap dilayani di tempat. Namun sebelum masuk ruangan, pemohon disarankan mengenakan masker, cuci tangan memakai sabun pada air mengalir, dan menjaga jarak dengan petugas minimal 1 meter saat berkonsultasi. (Prd)