Sepeda Motor Karyawan DLH Kulon Progo Terkena Uji Emisi

WARTA DLH, WATES -  Sepeda motor karyawan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo menjalani uji emisi pada Senin (16/3). Pengujian bertempat di halaman kantor DLH oleh Tim dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY.

3 (tiga) hari sebelum hari-H, Kepala Seksi Perizinan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kulon Progo Rin Dwari Widi Astuti, S.T menyampaikan rencana kegiatan tersebut. Bagi karyawan yang berminat, diminta mengisi daftar list. Karena keterbatasan waktu, jumlah kendaraan yang diuji hanya berjumlah 10 unit.

“Bapak/Ibu ini ada informasi dari DLHK DIY bahwa  pada hari Senin 16 Maret 2020 pukul 08.30 WIB akan dilakukan pengujian emisi kendaraan bermotor milik karyawan di  lingkup DLH Kulon Progo. Monggo bagi yang berminat dipersilahkan untuk mengisi daftar list” ujarnya.

Uji emisi merupakan pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan. Parameter yang digunakan dalam pengujian meliputi CO, HC, CO2, Lambda, dan O2. Namun, yang menjadi fokus adalah CO dan HC. 2 (dua) gas ini bersifat racun bagi manusia dan dapat menimbulkan beberapa penyakit. Selain itu, HC dan CO merupakan gas sisa yang langsung mencerminkan kinerja mesin.

Operasional kendaraan bermotor berakibat pada penurunan kualitas udara yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia, sehingga perlu pengaturan baku mutu emisi gas buang. Berdasarkan pada Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 39 Tahun 2010 Tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Sumber Bergerak Kendaraan Bermotor, untuk sepeda motor 2 langkah pembuatan < 2010 baku mutu HC (10.000) dan CO (4,5), sepeda motor 4 langkah tahun pembuatan < 2010 HC (2.400) dan CO (5), sedangkan sepeda motor 2 langkah dan 4 langkah tahun pembuatan ≥ 2010 HC (2.000) dan CO (4,5).

Data hasil pengujian menunjukkan kesepuluh sepeda motor masih memenuhi baku mutu yang dipersyaratkan. Namun demikian, disarankan untuk servis secara berkala sehingga kinerja mesin tetap terjaga dengan baik. (Prd)