Peduli Kebersihan Tempat Wisata: Saka Kalpataru Inisiasi Bersih Sampah Di Waduk Sermo

WARTA DLH, KOKAP - Satuan Karya Pramuka (Saka) Kalpataru yang berada di bawah naungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo menginisiasi kegiatan bersih sampah di area Waduk Sermo pada Sabtu (7/3) pagi hari.    

Ketua panitia Hafidh Fajar mengatakan sebagaimana tercantum dalam program kerja, kegiatan bersih sampah merupakan bentuk kepedulian saka terhadap kebersihan lingkungan tempat wisata di Kulon Progo.

“Kami berharap melalui acara ini akan meningkatkan rasa tanggung jawab dalam menciptakan dan menjaga kebersihan lingkungan, terutama bagi anggota saka” harapnya.

Tujuan yang lain, menurut Hafidh untuk mempererat kerjasama dan tali persaudaraan antara anggota dengan Dewan Saka, Pimpinan Saka (Pinsaka), Majelis Pembimbing Saka (Mabisaka), dan DLH secara umum.

Pinsaka yang kini dijabat Kepala Seksi Persampahan dan Pengembangan Kapasitas DLH Kulon Progo Herri Setyowati, S.H mengungkapkan, pemilihan tempat wisata menjadi lokasi kegiatan sebagai bentuk dukungan terhadap kepariwisataan yang ada di Kabupaten Kulon Progo.    

“Kebersihan tempat wisata dapat merangsang peningkatan daya tarik dan kunjungan wisatawan. Di samping itu, kebersihan adalah pangkal kesehatan. Oleh karenanya, dalam kegiatan ini kami turut mengundang unsur saka yang lain seperti Saka Pariwisata, Bhayangkara, dan Bakti Husada” kata Herri.

Kaitannya dengan ketugasan, kegiatan yang dilakukan Saka Kalpataru merupakan representasi program-program yang ada di Dinas Lingkungan Hidup meliputi Krida 3 R (Reuse-Reduce-Recycle), Perubahan Iklim, dan Konservasi Keanekaragaman Hayati. Kepala DLH Kulon Progo Arif Prastowo, S.Sos.,M.Si menyambut baik dan memberikan apresiasi kegiatan bersih sampah yang diinisiasi Saka Kalpataru.

Alhamdulillah, kegiatan bersih sampah berjalan lancar. Terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan memberikan dukungan langsung kepada adik-adik Saka Kalpataru dalam kegiatan bersih sampah di Waduk Sermo” ujarnya.

Agenda kegiatan selanjutnya, Saka Kalpataru merencanakan kegiatan penghijauan berupa penanaman pohon di sekitar Gedung Olahraga (GOR) Cangkring. Selaku Mabisaka, Arif menyampaikan arahan segala sesuatu yang berhubungan dengan persiapan segera dimatangkan, termasuk koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait. (Prd)