Bekal Sukses Masa Depan : SMK Ini Kirim Siswa Jalani PKL Di DLH Kulon Progo

WARTA DLH, WATES – SMK Negeri 1 Girimulyo mengirim 3 (tiga) siswa untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Winarto, S.Pd.,M.Pd menjelaskan, tujuan PKL untuk memberi bekal kepada siswa agar memahami budaya kerja yang ada di Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) sehingga setelah lulus dapat menambah referensi untuk meningkatkan kompetensi sesuai bidang keahliannya.

“Tiga siswa PKL berasal dari Kelas XI dengan kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Kami meyakini di DLH banyak agenda-agenda yang bersentuhan dan mendukung agar keahlian kompetensi itu meningkat, seperti halnya pelaporan keuangan dan persuratan. Di samping itu, yang tak kalah penting adalah budaya kerja dalam rangka mematangkan pendidikan karakter” jelasnya.

Ia mengharapkan siswa memahami tentang laporan keuangan instansi minimal sistematika dan jenis-jenis dokumen transaksi yang perlu diarsipkan. Dengan demikian, dapat mengkomparasikan antara materi pelajaran yang diterima dari sekolah dengan yang ada di DU/DI dan setelah lulus mampu merancang langkah-langkah strategis guna meraih kesuksesan di dunia kerja.

Siswa yang dikirim PKL di DLH Kulon Progo masing-masing adalah Devi Aprilian, Prima Elviana, dan Veni Novita. Ketiganya akan menjalani PKL selama 3 (tiga) bulan terhitung sejak 3 Februari 2020. Sebagai guru pembimbing, Winarto berpesan kepada siswa PKL untuk senantiasa mematuhi tata tertib dan menimba ilmu dalam setiap kegiatan DLH.

“Ikuti dan pelajari budaya kerja dan budaya disiplin yang ada di DLH Kulon Progo sebagai bekal mencari pekerjaan setelah lulus nanti” pesannya. (Prd)