Usaha Pencegahan Virus Corona, Bupati Ajak Semua Lapisan Usia Di Kabupaten Kulon Progo Lakukan Ini

WARTA DLH, WATES – Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo mengajak semua lapisan usia untuk melakukan tindakan preventif sebagai usaha pencegahan virus Corona. Usaha tersebut dirasa penting karena hingga saat ini, virus Corona belum ditemukan vaksinnya.

“Meskipun sampai dengan saat ini belum muncul kasus orang yang terjangkit virus Corona di Kabupaten Kulon Progo, akan tetapi kita juga perlu melakukan tindakan preventif. Sangatlah tepat kiranya Gerakan Masyarakat Menuju Sehat (GERMAS) kita gelorakan lagi, yaitu menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan kita” tutur Bupati dalam sambutannya sebagaimana dibacakan Drs. Agus Hidayat, M.Si selaku Inspektur pada Upacara Senin (17/2/2020) bertempat di Halaman Inpektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo.

Bupati menegaskan, meski memiliki daya tahan tubuh yang baik, pencegahan menghadapi virus Corona harus tetap dilakukan setiap hari oleh semua lapisan usia, terutama bagi masyarakat yang memiliki resiko tinggi seperti halnya sering melakukan mobilitas ke luar negeri.

Beberapa usaha yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan virus Corona antara lain:

  • Cuci tangan dengan air dan sabun minimal 20 detik, atau dengan cairan pencuci tangan yang minimal mengandung 60 persen alkohol ;
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci ;
  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit ;
  • Tinggal di rumah jika sedang sakit ;
  • Mencuci tangan secara teratur ;
  • Menerapkan etika batuk dan bersin ;
  • Memasak daging dan telur sampai matang, dan
  • Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan, seperti batuk dan bersin

“Saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo telah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi yang ada untuk melakukan berbagai tindakan preventif. Mengingat saat ini kita sudah memiliki bandara Yogyakarta International Airport (YIA), maka perlu juga melakukan pengawasan kepada orang-orang yang turun dari pesawat” jelasnya.

Bupati mengharapkan kerjasama dari masyarakat untuk ikut mengawasi kondisi sekitarnya. Apabila ada masyarakat yang terindikasi atau dicurigai memiliki gejala-gejala yang mirip dengan virus Corona, maka wajib melaporkannya kepada institusi kesehatan terdekat seperti Puskesmas.

“Dengan upaya-upaya tindakan preventif tersebut, diharapkan masyarakat Kabupaten Kulon Progo terhindar dari penyakit-penyakit, terlebih penyakit yang membawa potensi kematian. Mari berperan aktif meningkatkan kualitas hidup dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan kita” himbaunya. (Prd)