Inovasi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Aplikasi SuratKu Diklaim Mampu Menghemat Anggaran

WARTA DLH, WATES – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Komunikasi Dan Informatika berhasil mengembangkan aplikasi di bidang persuratan. Produk inovasi yang diberi nama SuratKu tersebut diklaim mampu menekan anggaran pengeluaran.

Kepala Seksi Keamanan Informasi Dan Persandian Bidang Aplikasi Teknologi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo Zuhri Istanto, S.T mengatakan penerapan SuratKu akan berdampak signifikan terhadap efisiensi dan efektivitas persuratan.

“Efektif karena waktu pemrosesan surat menjadi lebih singkat dibanding cara manual. Efisien karena mampu menghemat kertas dan ATK lainnya serta uang SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) untuk mengantar surat” kata Zuhri.

Ia menjelaskan, SuratKu merupakan aplikasi manajemen surat berbasis elektronik guna mendukung Program Smart City Kabupaten Kulon Progo dan mewujudkan perkantoran yang paperless. Aplikasi ini telah menerapkan sistem tanda tangan elektronik dari Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Perangkat Daerah yang dapat menggunakan SuratKu sementara baru sampai level Kapanewon. Kalurahan belum masuk dalam aplikasi” ujarnya saat sosialisasi di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pada Rabu (5/2/2020).

Salah satu programmer Dinas Kominfo, Nur Akhwan mengatakan langkah-langkah pengisian data dalam aplikasi suratku sebenarnya cukup simpel sama halnya ketika mengetik surat secara manual. Ia memaparkan fungsi setiap menu secara detail dan mencontohkan skenario pembuatan surat oleh staff selaku konseptor surat.

“Usai konsep surat jadi tahap berikutnya adalah verifikasi surat, kalau dalam proses manual namanya paraf atasan langsung. Jika verifikasi sudah lengkap, dilanjutkan dengan penomeran surat oleh admin OPD yang ditunjuk. Setelah diberi nomer maka surat kembali ke akun pimpinan untuk ditandatangani dan dikirim” jelasnya.

Arif Prastowo, S.Sos.,M.Si Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo menyampaikan terimakasih kepada tim dari Dinas Kominfo yang telah memberikan tutorial pengoperasian SuratKu. Pihaknya optimis apabila sering dipraktekkan maka terasa mudah.

“Setelah ada simulasi harapannya dapat cepat beradaptasi sehingga tiba saatnya di launching semua sudah lancar” ucapnya.

Aplikasi Suratku direncanakan launching resmi pada awal Maret 2020. Aplikasi ini dapat diakses melalui alamat web suratku.kulonprogokab.go.id. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo terus berupaya melakukan pengembangan, termasuk agar mudah dioperasikan menggunakan smart phone. (Prd)