Pembahasan Aduan Keberadaan Tempat Pembuangan Sampah Di Bendungan Wates

WATES, dlh.kulonprogokab.go.id- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo menggelar koordinasi dengan sejumlah instansi guna membahas aduan masyarakat terkait keberadaan tempat pembuangan sampah di Bendungan Lor, Desa Bendungan, Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Rapat terselenggara pada hari Rabu (27/11/2019) bertempat di Aula DLH Kabupaten Kulon Progo. Hadir dalam pertemuan tersebut utusan dari Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kepolisian Sektor (Polsek) Wates, Komando Rayon Militer (Koramil) Wates, Kecamatan Wates, Pemerintah Desa Bendungan, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), dan perwakilan masyarakat Bendungan.

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Kulon Progo memaparkan kronologi pengelolaan sampah di Bendungan. Terhadap permasalahan sampah yang terdahulu ada kesepakatan bahwa KSM tidak ada operasional selama belum memperbaiki Anggaran Dasar-Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) nya. Pemerintah Desa berkewajiban mencari solusi lokasi pemindahan tempat pembuangan sampah.

Terhadap sampah yang masih menumpuk, akan dilakukan pengangkutan oleh DPUPKP bekerjasama dengan pihak masyarakat. Secara teknis, DPUPKP menyarankan proposal dan AD-ART agar segera diperbaiki. KSM pun diminta tidak menampung residu sampah lebih dari 1 hari.

Menanggapi hal tersebut, Ketua RT 27 wilayah setempat menyampaikan bahwa aktivitas pembuangan sampah secara sembarangan tidak pada tempatnya marak terjadi di malam hari dan acap kali disertai pembakaran sampah. Bantuan pengangkutan sampah oleh masyarakat menggunakan kendaraan roda tiga.

Sementara, Kepala Desa Bendungan Mujiyo, S.E membenarkan pembuangan sampah tidak hanya dilakukan oleh warga Bendungan namun juga oleh warga dari luar Bendungan. Terkait dengan penanganan sampah, pihak Desa Bendungan siap mendukung bersama dengan KSM dan warga. Menanggapi wacana penyediaan lokasi pengolahan sampah yang baru, ia menyatakan terkendala pada lahan.

Pemantauan aktivitas pembuangan sampah sembarangan akan dilakukan oleh Satpol PP. Tindak pidana ringan (tipiring) siap diberlakukan dengan dukungan penuh Polsek Wates dan Koramil Wates. Banner larangan juga akan dipasang di lokasi yang diadukan dengan harapan dapat membangkitkan kesadaran oknum-oknum yang berniat membuang sampah sembarangan untuk segera insaf. (Warta DLH/Prd)