BPDASHL SOP Yogyakarta Droping 3220 Bibit Pohon Ke DLH Kabupaten Kulon Progo

WATES, dlh.kulonprogokab.go.id- Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo menerima bibit pohon dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo Yogyakarta. Kedatangan bibit tersebut merupakan gelombang kedua, setelah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon progo menerima droping bibit serupa dua bulan yang lalu. Berbeda dengan periode sebelumnya yang hanya mendapat 2000 bibit, kesempatan kali ini bibit yang diterima sebanyak 3220 bibit.  

“3220 bibit pohon tersebut terdiri dari tanaman keras dan buah-buahan. Meliputi sengon laut 2000 batang, jati 1000 batang, sirsak 100 batang, jambu biji 100 batang, dan ketapang kencana 20 batang” kata Yudi kristanto Petugas Distribusi Bibit dari Persemaian Permanen BPDASHLSOP disela-sela penyerahan bibit ke DLH Kabupaten Kulon Progo pada Kamis (9/1/2020) .

Melalui pendistribusian bibit, pihaknya berharap semoga ke depan senantiasa dapat terjalin kerjasama yang baik antara BPDASHL SOP Yogyakarta dengan DLH Kabupaten Kulon Progo. Dalam hal ini DLH agar menyalurkan bibit-bibit tersebut kepada instansi ataupun kelompok masyarakat yang layak menerima.

“Bibitnya biar bisa menyebar sampai ke Kulon Progo. Sebab, menurut data kami, bibit yang terdistribusi ke Kulon Progo kuantitasnya belum banyak. Oleh karena itu, kami sangat berharap DLH dapat menjadi jembatan agar bibit dari BPDASHL SOP dapat tersalurkan merata ke seluruh wilayah Kabupaten Kulon Progo” harap Yudi.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa selain permohonan bibit dari kalangan instansi, Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo Yogyakarta juga melayani permohonan dari kalangan yang lain semisal Kelompok Tani, Kelompok Masyarakat, dan Karang Taruna.

“Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo melalui Persemaian Permanen BPDASHL SOP Yogyakarta juga memberikan bantuan bibit secara GRATIS kepada masyarakat. Adapun prosedur pengajuan permohonan bantuan bibit adalah dengan terlebih dahulu mengajukan surat permohonan bantuan bibit untuk penanaman/ pembagian bibit yang ditujukan kepada Kepala BPDASHL Serayu Opak Progo Yogyakarta yang mencantumkan: tujuan penanaman/ pembagian, lokasi penanaman/ pembagian, waktu penanaman/ pembagian, jenis dan jumlah bibit. Sket/Peta Lokasi, luas lahan, dan titik koordinatnya juga dicantumkan. Jumlah bibit yang diberikan tergantung luas dan kondisi lahan” jelasnya.

Menanggapi upaya pemantauan terhadap bibit-bibit yang telah terdistribusikan, Yudi menegaskan BPADSHL SOP juga rutin mengadakan monitoring dan evaluasi (monev). Hal tersebut sebagai bagian dari upaya mencegah adanya penyalahgunaan bantuan bibit.

“Tetap ada pemantauan. Sebagai contoh, apabila tahun ini mendapatkan bantuan bibit maka tahun depan ada monev. Bibit yang tersalurkan keadaannya seperti apa, mati atau hidup, atau pertumbuhannya bagaimana” tandasnya. (Warta DLH/Prd)