Antara Tantangan Dan Kejutan, Usai Perayaan Tahun Baru Semua Pejabat Diganti

WATES, dlh.kulonprogokab.go.id- Tahun baru, lembaran baru, nomenklatur jabatan baru dengan pejabat baru, inilah sebuah kenyataan yang dialami sekaligus kali pertama dalam sejarah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo. Semua pejabat terkecuali Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas, diganti dengan personil baru. Sebanyak 8 (delapan) Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah dikukuhkan dan dilantik untuk menduduki posisi struktural oleh Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo pada Kamis (2/1/2020).

Menurut Arif Prastowo, S.Sos.,M.Si Kepala DLH Kabupaten Kulon Progo, pergantian pejabat dalam sebuah instansi atau organisasi perangkat daerah merupakan hal yang wajar dan lumrah terjadi. Meskipun personilnya baru, namun antar sub bagian, antar seksi, dan antar bidang tetap saling terkait satu sama lain dalam ketugasannya.

“Adanya perubahan jabatan tentu terdapat perubahan-perubahan ikutan seperti misalnya perubahan tempat atau ruang kerja dan perubahan aset yang melekat pada jabatan. Agar cepat dalam beradaptasi, silahkan disiasati sesuai trik masing-masing” ungkapnya.

Sebagai pucuk pimpinan DLH, Arif mengharapkan pejabat-pejabat dalam struktur yang baru disarankan bergerak lebih cepat. Karena hal-hal yang dihadapi akan semakin kompleks, maka etos kerja, kualitas kerja, dan profesionalitas dalam bekerja perlu dikedepankan dan dimaksimalkan. Ketika bertugas, hendaknya berdiri dan berjalan sebagai DLH, tidak hanya berpikir untuk kepentingan seksi atau bidang, namun untuk kepentingan dinas.

“DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran-red) agar segera dibagi dan dipelajari serta dijalin komunikasi yang baik antara pejabat baru dengan pejabat yang lama, dengan demikian aliran kas kegiatan sebagaimana telah dirancang dapat sesuai dan tidak ada keterlambatan. Apabila ada tugas-tugas yang overlapping dan memerlukan koordinasi di luar struktur seksi atau bidang, dapat dibentuk tim khusus secara formal walaupun tanpa honor” jelasnya saat memimpin Rapat Koordinasi Internal di Aula DLH Kulon Progo pada Senin (6/1/2020).

Sependapat dengan Kepala Dinas, Taufiq Amrullah, ST.,MM Sekretaris DLH Kabupaten Kulon Progo menyatakan pergantian pejabat dalam rangka penyegaran organisasi. Pergantian dilakukan bukan tanpa dasar, tetapi bertolak dari hasil kajian dan evaluasi komprehensif sebagai konsekuensi logis adanya perubahan Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Fungsi dan Tugas Serta Tata Kerja Pada Dinas Lingkungan Hidup.

“Bukan apa-apa, karena ada pertimbangan-pertimbangan tertentu sehingga terjadi rotasi mutasi di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup. Dimohon segera inventarisir aturan, inventarisir masalah dan rencanakan solusi serta lakukan yang dicatat dan catat yang telah dilakukan. Ini merupakan bagian tugas yang akan kita emban. Kami sampaikan selamat kepada semua Bapak dan Ibu yang menempati posisi jabatan baru” ujarnya.

Pergantian jabatan, salah satunya dialami Herri Setyowati, 56 tahun. Pada nomenklatur jabatan lama, ia menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, kini dipercaya sebagai Kepala Seksi Persampahan dan Pengembangan Kapasitas. Meskipun masih sedikit agak merasa kaget karena selama ini belum pernah mengampu jabatan struktural di bidang, namun ia optimis mampu menjalankan ketugasan yang baru dengan optimal.

“Tentu mohon do’a, dukungan, dan kerjasamanya agar amanah ini dapat kami emban sebaik mungkin” pinta Ibu 2 anak yang telah meniti karir sebagai PNS sejak tahun 1991 silam.   

Secara lengkap, perubahan nomenklatur jabatan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo versi terbaru beserta personil yang menjabat adalah sebagai berikut. Harliantoro, S.Si menjabat Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, sebelumnya sebagai Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan. Rita Kusmiyati, S.Si.,MM menjabat Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan, sebelumnya sebagai Kepala Seksi Pelestarian Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas.

Tristijanti, SIP.,M.Si menjabat Kepala Bidang Tata Lingkungan, sebelumnya sebagai Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian. Kahar, AMKL menjabat Kepala Seksi Pengkajian dan Konservasi Lingkungan, sebelumnya sebagai Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. Herri Setyowati, SH menjabat Kepala Seksi Persampahan dan Pengembangan Kapasitas, sebelumnya sebagai Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

RR Heni Hernawati, SP.,M.Si menjabat Kepala Bidang Penaatan dan Pengendalian Lingkungan, sebelumnya sebagai Kepala Bidang Tata Lingkungan. Rin Dwari Widi Astuti, S.T menjabat Kepala Seksi Perizinan, Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, sebelumnya sebagai Kepala Seksi Pengawasan dan Penaatan. Endratma Susila Rahmadi, S.Si menjabat Kepala Seksi Penaatan Lingkungan, sebelumnya sebagai Kepala Seksi Perencanaan dan Pengkajian Lingkungan. (Warta DLH/Prd)