Anugerah PPID Award, Pemicu Pemacu Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Kabupaten Kulon Progo

WATES, dlh.kulonprogokab.go.id- Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menempati peran yang penting dan strategis dalam ketugasannya melayani masyarakat untuk memperoleh hak akses informasi. Demikian disampaikan Ir. RM. Astungkoro, M.Hum Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo dalam sambutannya mewakili Bupati Kulon Progo pada Puncak Acara Penghargaan PPID Award Tahun 2019 bertempat di Aula Adikarto Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo hari Kamis (19/12/2019) kemarin.

Pak Sekda mengharapkan ajang PPID Award dapat menjadi motivasi dan pemicu bagi pengelolaan informasi dan dokumentasi secara baik. Di samping itu, dengan adanya keterbukaan informasi maka menjadi penyemangat dalam kehidupan berdemokrasi dengan memberikan kebebasan yang melekat tanggung jawab.

“Oleh karena itu, kami memohon kepada Komisi Informasi Daerah (KID) DIY untuk senantiasa memberikan bimbingan dan pendampingan dengan tujuan agar pengelolaan informasi di Kabupaten Kulon Progo dapat berjalan lebih baik lagi” harapnya. 

Menanggapi, KID DIY Bidang Kelembagaan Ir.Rudy Nurhandoko, M.Si menyampaikan bahwa kesuksesan PPID di Daerah Istimewa Yogyakarta salah satunya didukung oleh Kabupaten Kulon Progo. Prestasi Kulon Progo sebagai PPID yang informatif tentu akan meningkatkan hasil kerja PPID DIY. Pihaknya pun siap untuk bekerja sama dengan PPID Kabupaten/Kota se-DIY dalam rangka meningkatkan keterbukaan informasi publik bahkan hingga level desa. 

Ditilik dari latar belakang, Penganugerahan PPID Award tahun 2019 dilaksanakan sebagai tindak lanjut Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 102 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Website Resmi Pemerintah Daerah dan Surat Nomor : 555/4735 tanggal 16 September 2019 perihal Penilaian Website Subdomain pada OPD se-Kabupaten Kulon Progo. PPID Award bertujuan untuk mengevaluasi, memberikan penilaian dan memberikan penghargaan atas pelaksanaan kegiatan PPID Pembantu dalam hal ini Perangkat Daerah dalam melakukan pengelolaan informasi sesuai Undang-Undang yang berlaku, sebagaimana diungkapkan Drs. Rudiyatno, M.M Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Dinas Kominfo, dari total 44 Subdomain, 10 (sepuluh) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kulon Progo dinilai sudah baik dalam hal keterbukaan informasi publik dan berhak menerima penghargaan PPID Award Tahun 2019. Untuk kategori Kecamatan, peringkat satu hingga lima secara berurutan diraih oleh Nanggulan, Pengasih, Samigaluh, Girimulyo, dan Lendah. Sedangkan untuk kategori Badan/Dinas/Setda/Setwan, Peringkat I disabet Dinas Komunikasi dan Informatika, Peringkat II Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Peringkat III Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Peringkat IV Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan Dinas Lingkungan Hidup menempati Peringkat Kelima.

Piala dan Piagam Penghargaan PPID Award Kabupaten Kulon Progo 2019 kepada masing-masing juara diserahkan secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo Ir. RM. Astungkoro, M.Hum dan Ketua Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kulon Progo Periode 2019-2024 Akhid Nuryati, S.E. (Warta DLH/Prd)