Spirit Akhir Tahun, Puluhan Remaja di Kulon Progo Pelopori Aksi Bersih Pantai

TEMON, dlh.kulonprogokab.go.id- Kebersihan tempat wisata menjadi bagian yang tidak terabaikan pengaruhnya terhadap tinggi atau rendahnya animo wisatawan berkunjung ke tempat tersebut. Bentuk kepedulian terhadap kebersihan salah satu tempat wisata andalan Kabupaten Kulon Progo, yaitu Pantai Glagah, puluhan remaja yang tergabung dalam Remaja Masjid Agung Kulon Progo (RISMAKU) melakukan aksi bersih pantai pada Ahad (15/12/2019).

Andika, koordinator aksi mengatakan kegiatan tersebut diikuti puluhan remaja baik putra maupun putri. Sebelum berangkat ke pantai, terlebih dahulu diawali dengan Sholat Subuh berjama'ah di Masjid Agung Kulon Progo yang berlokasi di Jalan KH. Ahmad Dahlan Wates. Selanjutnya rombongan berangkat menuju kawasan aksi dengan membawa peralatan dan perlengkapan untuk kegiatan bersih-bersih. 

Tidak kurang dari 4 (empat) kantong trash bag berisi sampah berhasil dikumpulkan dalam aksi tersebut. Perlakuan sampah yang terkumpul disesuaikan dengan jenisnya. Perlakuan terhadap sampah organik (sisa makanan) berbeda dengan sampah plastik, begitupun dengan jenis sampah kertas atau botol plastik. Secara meluas, ia berharap ke depannya bisa menginspirasi kelompok-kelompok remaja yang lain khususnya di Kabupaten Kulon Progo untuk mengadakan aksi serupa. Hal ini bisa menjadi cermin bahwa generasi milenial adalah generasi yang peduli akan lingkungan hidup. (Warta DLH/Prd)