Berharap Jadi Gerakan Masif, Istiqomah Gropyok Sampah

WATES, dlh.kulonprogokab.go.id- Sejak instansi berdiri, tak terhitung dengan jari Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo mempelopori aksi Gropyok Sampah. Meski belum membuahkan hasil yang memuaskan, tanpa kenal lelah dan pamrih aksi pun tetap berlanjut hingga kini. Baru-baru ini tepatnya pada Jumat (22/11/2019), DLH kembali menggelar gropyok sampah di area Taman Wana Winulang Kulon Progo. Kegiatan ini mendapat dukungan dan sambutan baik dari berbagai kalangan seperti komunitas penggiat lingkungan JPSM Merti Bawana Asri, Bank Sampah, Saka Kalpataru, pelajar dan OPD sekitar lokasi.

“Kegiatan bersih-bersih sampah seperti ini sudah dilakukan berulang kali. Aksinya sederhana berupa memungut sampah kemudian dipilah dan diproses lebih lanjut sesuai jenisnya. Hal ini merupakan bagian kecil mensosialisasikan upaya pengelolaan sampah yang benar” tutur Arif Prastowo, S.Sos.,M.Si Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo di sela-sela aksi.

Ia berharap gropyok sampah menjadi sebuah gerakan masif dan dilakukan dimana-mana sehingga daya dorongnya menjadi besar. Perda tentang pengelolaan sampah pun bisa diaplikasikan secara riil di masyarakat.

“Mudah-mudahan kegiatan semacam ini menginspirasi banyak orang” harapnya.

Sunardi Ketua Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM) Merti Bawana Asri merespon positif kegiatan yang diprakarsai DLH. Ia mengatakan jika bisa dilakukan secara berkesinambungan maka berdampak pada animo pengunjung.  

“Contohnya di Taman Wana Winulang ini, jika tetap terjaga kebersihannya maka minat pengunjung yang datang kesini akan semakin tinggi. Apalagi taman ini merupakan aset yang luar biasa” ujarnya.

Menambahkan dari sudut pandang lain, Sudaryono Anggota JPSM mengatakan bukan hanya faktor kebersihan saja namun juga perawatan dan penataan kawasan agar lebih diperhatikan.

“Potensi Taman Wana Winulang sebenarnya bagus. Apalagi berada di dekat areal perkantoran dan akses ke lokasi yang mudah. Agar peruntukan taman lebih optimal, maka penataan dan perawatan sekiranya lebih ditingkatkan lagi” kata Sudar. (Warta DLH/Prd)