Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91, Momentum Kebangkitan Pemuda Generasi Millenial

WATES, dlh.kulonprogokab.go.id- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo bersama Inspektorat Daerah (Irda) Kulon Progo melaksanakan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 pada hari Senin (28/10/2019) lalu di Halaman Kantor Irda. Petugas upacara berasal dari gabungan kedua instansi, demikian halnya dengan peserta upacaranya.

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Dra. Esti Ekandari Hemmy Putri. Dalam amanatnya, ia membacakan Naskah Pidato Sambutan Menteri Pemuda Dan Olahraga RI pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019.

"Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema "Bersatu Kita Maju". Tema ini diambil untuk  menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa" ucapnya.

Tema "Bersatu Kita Maju" sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

"Pada saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistic dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam" lanjutnya.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi, ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negative, informasi-informasi yang bersifat destrukif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

"Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional" imbuhnya

Di akhir sambutannya sebagaimana dibacakan Inspektur Upacara, Dr. H. Zainudin Amali, S.E.,M.Si Menteri Pemuda dan Olahraga RI menyatakan semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

Secara keseluruhan, Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 di Halaman Kantor Irda tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Adapun susunan petugas upacara secara lengkap sebagai berikut: Inspektur Upacara adalah Dra. Esti Ekandari Hemmy Putri, Komandan Upacara dijabat Sarma, Danang Hudiyantoro, S.E, Agung Wijanarto, S.E, dan Heri Nur Cahyo, S.E ketiganya bertindak sebagai petugas bendera. Astuti, S.Si sebagai Dirijen, Anityas Limnandari sebagai Pembawa Acara, Pardiyono sebagai Pembaca Doa, dan Wahyu Budi Pangestu sebagai Ajudan. (Warta DLH/Prd)