Lomba Kebersihan 2019 Dindag Kampiun, Instansi Yang Lain Perlu Perbaiki Peringkat

WATES, dlh.kulonprogokab.go.id- Memperingati Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo yang ke-68 Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Lingkungan Hidup menyelenggarakan Lomba Kebersihan Antar Instansi Tahun 2019. Sebanyak 27 instansi dinilai kebersihannya oleh Tim dari DLH Kulon Progo pada Rabu (2/10/2019) awal Oktober silam.

"Kriteria penilaian mengacu pada kriteria penilaian Adipura untuk perkantoran yang terdiri dari 6 komponen. Meliputi area kantor, drainase, ruang terbuka hijau, tempat pembuangan sampah sementara, pemilahan sampah, dan pengolahan sampah" jelas Heni Hernawati, SP.,M.Si Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Kulon Progo.

Heni menuturkan dari seluruh instansi yang dinilai kemudian dirangking berdasar skor total yang diperoleh. Diambil 5 terbaik untuk ditetapkan sebagai Juara 1, 2, 3, Harapan 1, dan Harapan 2. Masing-masing berhak atas Trophy dan Piagam Penghargaan.

Juara Lomba Kebersihan Antar Instansi ditetapkan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo Nomor 660/1453 tertanggal 8 Oktober 2019 Tentang Pemenang Lomba Kebersihan Antar Instansi Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Ke-68 Kabupaten Kulon Progo Tahun 2019. Dinas Perdagangan dengan nilai 1240 tampil sebagai Juara 1. Juara 2 diraih Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (nilai 1235) dan sebagai Juara 3 Dinas Kelautan dan Perikanan dengan nilai 1075. Sedangkan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (nilai 1068) dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga masing-masing menjadi Juara Harapan 1 dan Juara Harapan 2. Hasil penilaian secara lengkap dapat melalui link berikut (KLIK). Trophy dan Piagam Penghargaan kepada para pemenang telah diserahkan Jumat (25/10/2019) kemarin pada acara Malam Penutupan Kegiatan Hari Jadi bertempat di Halaman Pemkab Kulon Progo dihadiri langsung oleh Drs. H. Sutedjo Wakil Bupati Kulon Progo.

Jika tahun ini Lomba Kebersihan Antar Instansi diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi, tahun lalu (2018-red) lomba serupa bernama Lomba Kebersihan Dalam Rangka Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) sebagai rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dengan Dinas Perdagangan (Dindag) sebagai juaranya. Menilik hasil lomba, Dinas Perdagangan Kulon Progo berhasil kampiun 2 tahun berturut-turut sekaligus mempertahankan gelar Juara 1. (Warta DLH/Prd)