Nanti Malam Pemkab Kulon Progo Wayangan dan Penyerahan Hadiah

WATES, dlh.kulonprogokab.go.id- Beragam kegiatan baik pertandingan, lomba, maupun lainnya dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-68 Kabupaten Kulon Progo Tahun 2019 telah purna diselenggarakan. Sebagai pamungkas, Jumat (25/10/2019) malam nanti akan diadakan Malam Penutupan Kegiatan Hari Jadi. Acara dihelat mulai pukul 20.00 WIB bertempat di Halaman Pemkab Kulon Progo.

Dua mata acara yang paling ditunggu-tunggu khalayak adalah Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dan Penyerahan Hadiah/Penghargaan, termasuk Lomba Kebersihan Antar Instansi. Sebagaimana diwartakan sebelumnya melalui laman https://dlh.kulonprogokab.go.id/article-555-lomba-kebersihan-jadi-ajang-bergengsi-instansi-mana-layak-dinobatkan-kantor-terbersih-2019.html, penilaian kebersihan sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Ke-68 Kabupaten Kulon Progo terhadap 27 Instansi di Kulon Progo telah dilaksanakan pada hari Rabu (2/10/2019) awal Oktober lalu. Penilai berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo, yang terbagi ke dalam 5 tim.

"Kriteria penilaian mengacu pada kriteria penilaian Adipura untuk perkantoran yang terdiri dari 6 komponen. Meliputi area kantor, drainase, ruang terbuka hijau, tempat pembuangan sampah sementara, pemilahan sampah, dan pengolahan sampah" jelas Heni Hernawati, SP.,M.Si Kepala Bidang Tata Lingkungan DLH Kulon Progo.

27 instansi tersebut adalah Dinas Kelautan dan Perikanan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Sekretariat DPRD, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Pertanian dan Pangan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pariwisata, Inspektorat Daerah, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Sekretariat Daerah, Kantor Kementerian Agama Kulon Progo, Kejaksaan Negeri Kulon Progo, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Wates, dan Balai Pendidikan Menengah Kulon Progo.

"Dari seluruh instansi yang dinilai dirangking berdasar skor total yang diperoleh. Diambil 5 terbaik untuk ditetapkan sebagai Juara 1, 2, 3, Harapan 1, dan Harapan 2. Masing-masing akan memperoleh Trophy dan Piagam Penghargaan" ujarnya.

Trophy dan Piagam Penghargaan tersebut menurut rencana akan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo, sebelum wayang kulit "jejer".  Pagelaran wayang kulit malam nanti akan dibeberkan oleh dalang Ki Bambang Wiji Nugroho dari Sentolo Kulon Progo, membawakan lakon Wahyu Gada Inten. (Warta DLH/Prd)