Pelatihan SIBAKU Jilid II, Merangkul Bank Sampah Menggapai Berkah

WATES, dlh.kulonprogokab.go.id- Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan (IoT) merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. SIBAKU merupakan salah satu inovasi yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam hal pengelolaan lingkungan. Melalui SIBAKU diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk memperoleh informasi terkait bank sampah yang tersebar di Kabupaten Kulon Progo, selain itu juga bisa digunakan sebagai media pemantauan operasional bank sampah dalam hal pengelolaan sampah.

Untuk mendukung program ini, Dinas lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo melalui kegiatan pengembangan kapasitas melakukan sosialisasi SIBAKU untuk pengurus bank sampah. Sosialisasi ini adalah sesi kedua setelah sebelumnya juga dilakukan sosialisasi mengenai SIBAKU. Selain dapat mempermudah informasi tentang pengelolaan sampah melalui bank sampah, diharapkan dengan adanya SIBAKU ini dapat meningkatkan kapasitas bank sampah dan masyarakat secara umum.

Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2019 di Ruang Rapat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo. Acara dimulai pukul 09.00 WIB diikuti 15 pengurus bank sampah Kulon Progo. Sosialisasi dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo yaitu Bapak Arif Prastowo, S.Sos.,M.Si kemudian dilanjutkan oleh Anita Angguntari narasumber dari Dinas Kominfo selaku programer SIBAKU yang menyampaikan terkait seluk beluk dan cara penggunaan aplikasi SIBAKU.

Acara ditutup dengan sambutan dari ketua JPSM Merti Bawono Asri Kabupaten Kulon Progo yaitu Bapak Sunardi, yang menyampaikan program dan kegiatan bank sampah yang ada di Kulon Progo. Beliau berpesan untuk terus berjuang dalam mengelola sampah yang ada di wilayahnya masing-masing. (Warta DLH/Yuli)