Lapor Dugaan Pencemaran? Atau Mau Ngurus Izin Lingkungan, DOWNLOAD Ini Dulu

WATES, dlh.kulonprogokab.go.id- Permasalahan pencemaran atau perusakan lingkungan menjadikan hidup tidak nyaman. Jika itu terjadi di wilayah Kabupaten Kulon Progo, sebagai warga masyarakat yang terdampak, dapat melaporkannya kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kulon Progo untuk dilakukan investigasi dan penanganan lebih lanjut sesuai kewenangannya. Lalu, bagaimana prosedurnya?

Di halaman utama website DLH Kulon Progo yakni www.dlh.kulonprogokab.go.id disediakan menu DOWNLOAD FORMULIR, yang salah satunya memuat Formulir Aduan Lingkungan. Dalam laman tersebut, dijelaskan pula terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) penanganan kasus.

Bagaimana dengan keperluan mengurus izin-izin lingkungan?. Menu DOWNLOAD FORMULIR menyediakan lengkap formulir-formulir yang dibutuhkan jika ingin mengurus perizinan lingkungan. Formulir yang tersedia meliputi SPPL, Izin Operasional Pengelolaan Limbah B3, Formulir Izin Lingkungan, dan Izin Pembuangan Air Limbah.

Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL) merupakan pernyataan kesanggupan dari penanggung jawab usaha dan/ atau kegiatan untuk melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup atas dampak lingkungan hidup dari usaha dan/ atau kegiatan yang tidak wajib Amdal maupun UKL-UPL. Yang harus dipahami adalah bahwa SPPL ini bukan merupakan izin dari suatu usaha dan/ atau kegiatan, tetapi dapat digunakan sebagai prasyarat dari suatu perizinan. Sebagai contoh, SPPL dijadikan syarat dalam pengajuan Izin Gangguan, Izin Mendirikan Bangunan dan izin lainnya. 

Setelah formulir-formulir diisi lengkap, maka dikumpulkan secara langsung ke kantor Dinas Lingkungan Hidup yang berlokasi di Jalan Sugiman Wates, atau bisa juga melalui stand layanan perizinan DLH Kulon Progo yang ada di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kulon Progo berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan Wates. (prd)