Hikmah Aksi 286, Perlu Gerakan Periodik Secara Massal Hingga Tercipta Kawasan Bebas Sampah

WATES, dlh.kulonprogokab.go.id- Aksi 286 merupakan gerakan bersih-bersih sampah dan bersih sungai di sekitar perkotaan Wates. Disebut Aksi 286 karena dilaksanakan pada tanggal 28 bulan 6 tahun 2019. Aksi yang diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo ini sebagai langkah mempersiapkan dan mengondisikan Kota Wates dalam program penilaian Adipura Tahun 2019 serta perangsang kepada masyarakat sekitar agar selalu peduli dengan kebersihan lingkungan.

Tiga lokasi sentral Aksi 286 meliputi Kawasan Jalan Mandung, Jalan Sugiman, dan Area Sungai Serang Jembatan Dayakan Pengasih. Instansi dan komunitas yang ikut andil diantaranya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kulon Progo, Polres Kulon Progo, Kodim 0731/ Kulon Progo, Satuan Polisi Pamong Praja Kulon Progo, PMI Cabang Kulon Progo, Komunitas Penggiat Sungai Serang, Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri (GMFKPPI) Kulon Progo, Komunitas Sepeda Peduli Lingkungan "Green Pit", Jejaring Pengelola Sampah Mandiri Merti Bawana Asri Kulon Progo, Kelompok Bank Sampah Bina Sejahtera, Kelompok Bank Sampah Seruni, Saka Wirakartika, Saka Bhayangkara, Saka Pariwisata, dan Saka Kalpataru.

Aksi diawali dengan apel pasukan dilanjutkan pengarahan teknis, pembagian kelompok untuk tiap lokasi, dan pelepasan peserta oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo. Sebagai aksi sosial, kegiatan tersebut didukung oleh PT. Bank Negara Indonesia (persero) Tbk Kantor Capem Wates, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY Kantor Cabang Wates, PD BPR Bank Pasar Kulon Progo dan PDAM Tirta Binangun.

Arif Prastowo, S.Sos.,M.Si Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo menuturkan sampah merupakan masalah serius. Oleh karena itu perlu gerakan bersama, dimulai dari diri sendiri dan masyarakat sehingga perkotaan Wates bebas sampah.

"Mudah-mudahkan terus bisa dilakukan secara periodik sampai dengan waktu penilaian Adipura. Terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi. Semoga terjalin kerjasama yang lebih baik lagi di masa yang akan datang" tuturnya.

Ratusan peserta Aksi mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan antusias. Salah satunya adalah Setya Aris Widiyanta, Anggota Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri (GMFKPPI) Kulon Progo. Saat ditemui di sela-sela membersihkan kolong Jembatan Dayakan, Aris menyatakan dukungannya terhadap kegiatan bersih sampah dan bersih sungai yang diprakarsai DLH Kulon Progo tersebut.

"Kami mendukung sekali adanya kegiatan seperti ini. Kedepan akan sangat bermanfaat. Jika kawasan sungai bersih, masyarakat yang punya hobby mancing akan nyaman. Sudah tentu menjadi tanggung jawab kita sebagai manusia untuk memelihara lingkungan" ujarnya dengan bersemangat. (prd)