Sungguh Miris dan Menjijikkan, Banyak Sampah Dibuang ke Sungai dari Jembatan Dayakan Pengasih

PENGASIH, dlh.kulonprogokab.go.id- Ada pemandangan yang tidak biasa pada Jum"at pagi 28 Juni 2019 di Kawasan Jembatan Dayakan Pengasih Kulon Progo. Kerumunan orang dari berbagai instansi dan komunitas melakukan bersih-bersih sampah dan bersih sungai. Perlu diketahui bahwa lokasi tersebut termasuk salah satu titik pantau Penilaian Adipura Tahun 2019 dan berdasarkan hasil pemantauan Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo di awal bulan Juni lalu kawasan Jembatan Dayakan termasuk Zona Parah Sampah.

"Kita prihatin, saudara-saudara kita masih ada yang membuang sampah ke sungai, bahkan ada yang melemparnya dari Jembatan Dayakan ini. Akibatnya sungai tercemar oleh limbah dan sampah. Perlu disadari, Sungaiku Adalah Martabatku" ungkap Rollis Anita, Anggota Komunitas Penggiat Sungai Serang.

Menurutnya kebersihan sungai menjadi penting untuk diwujudkan, apalagi di perairan sungai menjadi hunian bagi beragam makhluk hidup. Dirinya bersyukur masih ada orang, baik tergabung dalam komunitas ataupun tidak yang dengan sukarela menyisihkan tenaga dan waktunya untuk turun memungut sampah di sungai.

Hal sama dikemukakan Yulvan, Anggota Komunitas Sepeda Peduli Lingkungan "Green Pit". "Miris dan merinding Mas. Kalau tidak tahan bisa mual dan muntah. Bagaimana tidak, disini banyak pula ditemukan sampah organik berupa tulang-belulang ayam, jeroan ayam, dan kotoran manusia yang terbungkus popok. Parahnya lagi, tersangkut di penyangga jembatan dan banyak belatungnya" kata Yulvan.

Dikonfirmasi di lokasi, Guntolo Purwanto, Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kulon progo menjelaskan kawasan sekitar jembatan yang gelap di malam hari seolah-olah menjadi magnet bagi oknum-oknum untuk sengaja membuang sampah ke sungai.

"Mohon kepada dinas berwenang untuk segera memasang penerangan jalan di kawasan Jembatan Dayakan. Bagus lagi kalau dilengkapi dengan kamera CCTV. Berkaitan dengan penegakan Perda, kami berupaya selalu aktif sambang desa dan sambang lingkungan" jelasnya.

Acara bersih sampah dan bersih sungai di kawasan Jembatan Dayakan Pengasih Kulon Progo tersebut terselenggara atas prakarsa Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo bekerjasama dengan DPUPKP Kulon Progo, Polres Kulon Progo, Kodim 0731/ Kulon Progo, Satuan Polisi Pamong Praja Kulon Progo, PMI Cabang Kulon Progo, Komunitas Penggiat Sungai Serang, Komunitas Sepeda "Green Pit", Jejaring Pengelola Sampah Mandiri Merti Bawana Asri Kulon Progo, Kelompok Bank Sampah, Saka Wirakartika, Saka Bhayangkara, Saka Pariwisata, Saka Kalpataru, serta pihak terkait lainnya. (prd)