Jutaan Ikan di Laguna Trisik Mati, DLHK DIY Ambil Sampel Air Laguna Untuk Dilakukan Uji Lab

Galur- Penyebab pasti matinya jutaan ikan di Laguna Trisik Desa Banaran Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo DIY masih menjadi tanda tanya. Bahkan, seperti diberitakan sejumlah media, jumlah ikan yang mati hingga Minggu (9/6) masih terus bertambah. Tak hanya ikan Nila, beberapa jenis ikan non budidaya pun turut mati, seperti halnya ikan Betik dan Keting.

Sebagai instansi yang bergerak di bidang lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup mengambil langkah untuk meneliti penyebab tragedi tersebut. Pengambilan sampel sebagai bahan uji laboratorium dilakukan pada Selasa (11/6).

"Pengambilan sampel berupa air oleh Tim dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY didampingi Tim dari Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kulon Progo" kata Rin Dwari Widi Astuti, S.T Kepala Seksi Pengawasan dan Penaatan Bidang Pengawasan dan Pengendalian Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo.

Sampel yang telah diambil akan diuji lab lebih lanjut dengan harapan penyebab tragedi matinya jutaan ikan di Laguna Trisik dapat terkuak dan menjadi bahan masukan kepada pihak-pihak terkait sehingga tragedi serupa di waktu mendatang tak terulang kembali. (prd)