Jelang Cuti Bersama Lebaran 2019, DLH Kulon Progo “SIDAK” Sejumlah Lokasi Titik Pantau Adipura

Wates- Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kabupaten/kota yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan dan merupakan program kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berlingkup nasional untuk mewujudkan wilayah yang berwawasan lingkungan menuju pembangunan yang berkelanjutan. Pedoman Pelaksanaan Program Adipura . Adapun kriteria penilaian Adipura terdiri dari 2 indikator pokok, yaitu indikator fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota serta indikator pengelolaan lingkungan perkotaan (non-fisik), meliputi institusi, manajemen, dan daya tanggap.

Sesuai dengan fungsi dan ketugasannya, Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo melakukan peninjauan terhadap sejumlah lokasi titik pantau sebagai bentuk cek kesiapan Kabupaten Kulon Progo dalam Adipura 2019. Peninjauan dilaksanakan pada tanggal 27, 28, dan 29 Mei 2019. Dari hasil peninjauan, OPD/ Instansi yang telah menjalankan upaya pengelolaan lingkungan sesuai kriteria Adipura diantaranya: Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, SMP Negeri 1 Wates, dan Stasiun Wates. Sedangkan, yang belum menjalankan upaya pengelolaan lingkungan sesuai kriteria Adipura, antara lain: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kulon Progo, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perdagangan, Puskesmas Pengasih II, SD Negeri 4 Wates, SD Percobaan Wates, Pasar Wates, dan Terminal Wates.

Terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Instansi yang telah menjalankan upaya pengelolaan lingkungan sesuai kriteria Adipura, agar senantiasa menjaga kondisi lingkungannya dengan baik. Sedangkan, bagi OPD/Instansi yang belum menjalankan upaya pengelolaan lingkungan sesuai kriteria Adipura, disarankan senantiasa berusaha mengelola lingkungannya dengan mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.53/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2016 tanggal 20 Juni 2016 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adipura. (Tim Taling DLH)