Verifikasi Lomba Hatinya PKK Tingkat Nasional di Desa Gerbosari Samigaluh Sukses dan Semarak

Samigaluh- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Gerbosari Kecamatan Samigaluh maju mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Lomba Halaman Asri Teratur dan Nyaman (Hatinya) PKK Tingkat Nasional. Proses verifikasi dilakukan pada Jumat (24/5) oleh Tim Penilai Pusat di bawah koordinator Drs H. Johan Susmono dan Mamik Mindari. Hadir dalam acara tersebut dr. Hasto Wardoyo, SpOG(K) Bupati Kulon Progo beserta Ibu dr. Dwikisworo Setyowireni, Sp.A(K) yang sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Kulon Progo. Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kulon Progo turut mendampingi, diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Pertanian dan Pangan, serta Dinas Lingkungan Hidup.

Lokasi verifikasi tersebar di beberapa pedukuhan, yakni Menggermalang, Dukuh, Jati, Jetis, dan Karang. Di Pedukuhan Menggermalang diadakan launching angkringan dan kunjungan kegiatan Kelompok Wanita Tani (KWT) Anggrek Asri. Penyulingan Minyak Atsiri, Display B2SA (untuk ibu hamil dan penanggulangan balita stunting) dan survei toga bertempat di Pedukuhan Dukuh. Ceremony panen ikan sidat dan demonstrasi pembuatan pupuk cair dari limbah sayuran masing-masing berada di Pedukuhan Jetis dan Kompleks Agrowisata Krisan Pedukuhan Karang. Sementara di Pedukuhan Jati, tim verifikasi mengunjungi kegiatan KWT Maju.

dr. Hasto Wardoyo, SpOG(K) Bupati Kulon Progo dalam sambutannya memberikan apresiasi atas prestasi PKK Gerbosari sehingga mampu maju lomba ke tingkat nasional sebagai duta Kabupaten Kulon Progo dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada kesempatan tersebut, Bupati juga berpesan agar slogan khas Kabupaten Kulon Progo yakni "Bela Beli Kulon Progo" dan "Iso Nandur Ngopo Tuku" benar-benar direalisasikan dan menjadi spirit kegiatan perekonomian masyarakat.

Acara verifikasi kian semarak dengan penampilan Paduan Suara Giri Gita yang membawakan Lagu Indonesia Raya, Mars PKK, Mars Kulon Progo Binangun, Bela Beli Kulon Progo, Iso Nandur Ngopo Tuku, dan Negeri Kaya Pangan. Live song organ tunggal pun menjadi hiburan yang meriah bagi tamu undangan dan warga masyarakat yang menyaksikan. Atas kerjasama yang baik dan persiapan yang matang dari segenap komponen panitia, secara keseluruhan rangkaian proses verifikasi berjalan dengan sukses. (Lina,Prd)