Safari Jumat di Mendolo, Wakil Bupati Kulon Progo Tasyarufkan Dana BAZNAS

Samigaluh- Pemerintah Kabupaten Kulon Progo aktif melakukan sambang warga, salah satunya melalui kegiatan safari Jumat. Mengawali kegiatan safari Jumat di bulan Maret, dimulai dari wilayah kabupaten bagian utara. Tepatnya di Masjid Al Amin Pedukuhan Mendolo Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh.

Tim safari dipimpin langsung oleh Drs. H. Sutedjo Wakil Bupati Kulon Progo. Turut serta dalam rombongan Jumanto, SH Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kulon Progo, Arif Sudarmanto, SH Staff Ahli Bupati Bidang Hukum, Politik, dan Pemerintahan, Nugroho, S.E, MM, Staff Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Drs. R Agus Santosa, MA Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Arif Prastowo, S.Sos, M.Si Kepala Dinas Lingkungan Hidup, H. Nurudin, SH, MA Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, Drs. Jazil Ambar Was’an Kabag Kesra Setda Kulon Progo, Dra. Keksi Wuryaningsih, Anggota DPRD Kulon Progo, dan pengurus BAZNAS Kulon Progo. Kedatangan tim di Mendolo disambut ramah oleh Triyanto Raharjo, S.Sos, M.Si Camat Samigaluh didampingi unsur Muspika dan Forkompimcam Samigaluh, Perangkat Desa Pagerharjo, serta warga masyarakat.

Widayat, Kades Pagerharjo dalam sambutannya mewakili pemerintah desa dan warga masyarakat, menyampaikan terimakasih atas dipilihnya Pedukuhan Mendolo Pagerharjo sebagai lokasi safari Jumat jajaran Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. “Semoga imbas dari safari ini, motivasi warga masyarakat dalam bekerja dan beribadah menjadi lebih semangat. Demikian juga dalam menjaga tradisi gotong royong untuk kegiatan kemasyarakatan” harap Widayat.

Selain silaturahmi kepada warga, safari Jumat dimaksudkan sebagai sarana mentasyarufkan dana BAZNAS Kulon Progo. Dana BAZNAS disalurkan untuk keperluan pembangunan masjid dan tambahan modal bagi pedagang kecil. Dana diserahkan oleh Wakil Bupati kepada Jemingin, Takmir Masjid Al Amin Mendolo, Sulastri, Suyatinah, dan Widiyanto, masing-masing dari kalangan pedagang kecil.

Wakil Bupati Kulon Progo mengungkapkan bahwa berkat kesadaran karyawan-karyawati Pemerintah Kabupaten dan instansi vertikal, dana BAZNAS per bulan dapat terkumpul ± 400 juta rupiah. Dengan demikian, kegiatan tasyaruf dapat lebih ditingkatkan frekuensinya. “Sebagian rezeki dari Allah SWT yang diberikan kepada kita terkandung rezeki fakir miskin/ dhuafa, anak yatim, dan golongan lainnya yang berhak menerima, sehingga agar halal diseyogyakan untuk menunaikan zakat 2,5 %” tutur Sutedjo.

Pada kesempatan ini Wakil Bupati juga berpesan kepada warga Mendolo khususnya dan seluruh warga Samigaluh umumnya agar mempertahankan kelestarian lingkungan alam. Hal tersebut penting dilakukan untuk mengurangi potensi bencana dan menopang Samigaluh sebagai kawasan konservasi. Jika menebang pohon hendaknya diimbangi dengan penanaman bibit. Selaras dengan filosofi warisan pinisepuh terdahulu, yen sira ngethok wit, tanduren pucuke ing cedhak dhangkele. (prd)