Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, DLH Siap Gropyok Sampah

Wates- Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo berencana melakukan gropyok sampah pada hari Jumat 22 Februari 2019. Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud partisipasi DLH dalam memperingati HPSN 2019 yang jatuh pada tanggal 21 Februari dan sekaligus sebagai upaya tindak lanjut atas Surat Edaran Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Nomor 660/810 dan Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor SE.2/MENLHK/PSLB3/PLB.0/2/2019 tentang Hari Peduli Sampah Nasional 2019.

Gropyok sampah akan berlangsung pukul 07.00 WIB hingga 11.00 WIB dengan terlebih dahulu diawali upacara pembukaan di halaman Dinas Lingkungan Hidup. Usai upacara pembukaan, peserta menuju sektor gropyok yang telah ditentukan, meliputi kawasan Jalan Mandung, Jalan Bhayangkara, dan Jalan Sugiman Wates. Berbeda dengan tahun sebelumnya, gropyok sampah kali ini akan melibatkan ratusan peserta dari berbagai kalangan, diantaranya: SD N 4 Wates, SMP N 1 Wates, SMK Bopkri Wates, SMK N 2 Pengasih, JPSM Kulon Progo, HAKLI Kulon Progo, dan Dinas PUPKP Kulon Progo.

Widodo, salah satu panitia dari DLH mengungkapkan bahwa peran aktif warga masyarakat dan OPD yang berlokasi di sekitar sektor gropyok sampah sangat diperlukan guna mendukung suksesnya acara tersebut. "Semoga cuaca juga bersahabat sehingga kegiatan gropyok sampah dapat berjalan dengan baik sesuai rencana" harap Widodo. (prd)