Permudah Pelaporan Pajak ASN, KPP Pratama Wates Selenggarakan Sosialisasi Panduan Entry e-Filing

Wates- Sudah menjadi kewajiban bagi ASN selaku wajib pajak untuk melakukan pelaporan pajak setiap tahunnya. Seiring perkembangan teknologi, pelaporan pajak tak harus secara langsung datang ke kantor pelayanan pajak, namun dapat juga secara online melalui aplikasi yang disebut e-Filing. Karena terdapat perubahan model formulir, dimungkinkan timbul kesulitan ketika entry data. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Wates menyelenggarakan sosialisasi panduan pengentrian e-Filing pada hari Senin 11 Februari 2019 bertempat di Gedung KPP Pratama Wates Jalan Wates KM 4 Sumberejo Triharjo Wates.

"Pengisian e-Filing Tahun 2019 pada prinsipnya tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun demikian, khususnya untuk ASN dianjurkan mulai tahun ini sudah menggunakan formulir 1770S" tutur Yusuf Munardi Kepala KPP Pratama Wates dalam sambutannya.

Menurut Yusuf, perbedaan formulir 1770S dengan formulir 1770SS adalah isiannya yang lebih banyak. Meskipun demikian, ASN akan memperoleh lebih banyak kemudahan dari hasil pengisian tersebut.

"Selain permudah pelaporan pajak, harapannya melalui e-Filing maka pelaporan pajak dilakukan seawal mungkin, karena motto tahun ini adalah "Lebih Awal, Lebih Nyaman". Jangan sampai para ASN mengentri e-Filing mendekati batas akhir penutupan 31 Maret 2019 mendatang. Meskipun kapasitas servernya besar tetapi jika penggunanya banyak dan bersamaan maka akan berdampak pada lambatnya akses aplikasi" tandas Yusuf.

Harliantoro, peserta sosialisasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo mengungkapkan bahwa dari penjelasan pemateri, sebelum pengisian SPT, sebaiknya menyiapkan dokumen pendukung seperti Bukti pemotongan pajak (1721 A1/1721 A2/final), Daftar penghasilan, Daftar harta dan utang, Daftar tanggungan keluarga, dan Bukti pembayaran zakat/sumbangan lain.

"Setelah dokumen dipersiapkan, buka situs djponline.pajak.go.id, masukkan NPWP dan Password, klik Login pilih layanan e-Filing, pilih Buat SPT, dan isi SPT sesuai dengan panduan yang tampil" imbuh Harli.

Dalam kegiatan ini, para peserta juga disimulasikan pengisian e-Filing Formulir 1770S melalui tampilan slide secara detail oleh petugas KPP Pratama Wates. Usai mengikuti sosialisasi, peserta diharapkan segera menyebarluaskan informasi yang diperoleh kepada rekan sejawat di lingkup OPD masing-masing. (hrl/adr)