Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat DIY Tahun 2018

Lokasi Wisata Pantai Trisik ,Banaran Galur, Kulon Progo dipilih sebagai tempat Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat DIY Tahun 2018 oleh Badan Lingkungan Hidup DIY yang bekerjasama dengan Pemda Kulon Progo dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Kulon Progo,Minggu (29/7).

Dengan mengusung tema Kendalikan Sampah Plastik, acara diawali dengan apel dan pembacaan deklarasi Kulon Progo Bebas Sampah Tahun 2025 oleh Bupati Kulon Progo yang diwakili Bapak Drs. Djoko Kus Hermanto, M.M selaku Asisten Admisitrasi Umum Setda Kulon Progo dengan diikuti peserta bersih pantai yang terdiri dari berbagai unsur terkait antara lain aparatur pemda, polri, TNI, guru dan siswa sekolah, komunitas pegiat lingkungan hidup, organisasi profesi, organisasi pemuda, dan wisatawan setempat, selanjutnya peserta apel melakukan penandatangan komitmen Kulon Progo Bebas Sampah Tahun 2025 di spanduk panjang. Pelaksanaan kegiatan bersih pantai di area laguna pantai Trisik di tandai dengan pemukulan kentongan oleh Bapak Ir. Gatot Saptadi selaku Sekretaris Daerah DIY dan penanaman pohon secara simbolis oleh Sekretaris Daerah DIY dan Asisten Administrasi Umum Setda Kulon Progo.


Acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat DIY tahun ini dilakukan pemberian penghargaan lingkungan kepada para penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat DIY, Kaplataru Tingkat DIY, dan Evaluasi Bank Sampah Tingkat DIY sekaligus dilakukan penandatanganan MoU antara Pemerintah Kulon Progo dengan Dewan Petani. Acara ini turut dimeriahkan oleh musik kesenian , peragaan fashion show dari MAN 2 Kulon Progo, pameran, klinik dan edukasi daur ulang sampah oleh Jejaring Pengelola Sampah Mandiri (JPSM) se-DIY dan sebagai pentup pemberian doorprize kepada peserta kegiatan bersih pantai.