Yogyakarta Green And Clean Gelar Pelatihan Sehari Daur Ulang Sampah di Kulon Progo

Wisata Hutan Mangrove Wanatirta, Pasir Mendit, Jangkaran ,Temon Kulon Progo dipilih sebagai tempat pelaksanaan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2018 oleh Perkumpulan Yogyakarta Green And Clean (YGC) , Minggu,(18/2). Acara ini melibatkan ,sekolah adiwiyata, bank sampah, JPSM, saka kalpataru,pegiat lingkungan, pemerintah dan masyarakat sekitar.

Penyerahan simbolis kantong tempat sampah untuk peserta gropyok sampah

Kegiatan Pelatihan Sehari Daur Ulang Sampah ini dibuka langsung oleh Ibu Drh.RR. Endang Purwaningrum Tri Lestari selaku Staf Ahli Bupati Kulonprogo Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan. Sebelum digelar pelatihan Daur Ulang Sampah, kegiatan diawali dengan Gropyok Sampah oleh anggota Saka Kalpataru di sekitar lokasi wisata, dan Pagelaran Fashion Show Baju daur ulang Sampah.

Pelatihan Daur Ulang Sampah dapat diikuti oleh masyarakat umum yang nantinya hasil karya yang mereka buat dapat langsung dibawa pulang oleh para peserta. Berbagai macam kegiatan pelatihan yang ada diantaranya: pelatihan membuat shibori, kerajinan kreasi dengan kresek, sachet, bros tutup botol, pembuatan pupuk kompos, briket mangrove, pelatihan urban farming dan klinik ecobrik.

Acara rutinitas tahunan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dengan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) sehingga mampu megubah presepsi masyarakat tentang sampah yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomis.