Penyerahan SK Peringkat dan Piagam Adiwiyata Tingkat Provinsi Tahun 2023

YOGYAKARTA (WARTA DLH) - Sebanyak 7 (tujuh) sekolah yang diusulkan DLH Kulon progo untuk bisa mendapatkan pengakuan sebagai sekolah yang telah berhasil melakukan penerapan  perilaku ramah lingkungan melalui gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah (BPLHS) untuk mendapatkan penghargaan adiwiyata dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY telah diumumkan pada hari Jumat tanggal 25 Agustus 2023 yang lalu.

Dari Kulon Progo mengirimkan 7 sekolah yang terdiri dari Sekolah Dasar/Sederajat sebanyak 3 sekolah, Sekolah Menengah Pertama/Sederajat sebanyak 2 sekolah dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas/Sederajat sebanyak 2 sekolah.

Verifikasi sekolah adiwiyata tingkat Provinsi telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Juli 2023.

Dari 7 sekolah berhasil lolos verifikasi sebanyak 5 sekolah, antara lain untuk MAN 3 Kulon Progo, SMAN 1 Sentolo, SMPN 1 Pengasih, SDN 2 Girimulyo dan SDN 1 Kranggan.

Yang belum lolos verifikasi agar dipersilakan untuk mengulang kembali pada tahun 2024 mendatang diantaranya SDN 3 Pengasih dan SMPN 2 Nanggulan.

Perlu kita ketahui  bahwa adiwiyata itu bukan lomba tapi upaya pembiasaan untuk melakukan 5 aspek di sekolah diantaranya mengelola sampah, memelihara sanitasi/drainase, penanaman/memelihara RTH, konservasi air dan konservasi energi.

Harapannya dapat tertanam jiwa mencintai lingkungan pada diri siswa sehingga bisa menjadi agen perubahan dalam upaya melestarikan lingkungan di masa sekarang dan yang akan datang. (Ngadiran)