Monev Pembangunan Instalasi Pemanenan Air Hujan (IPAH) Tahun 2022

KULON PROGO (WARTA DLH) - Pada hari Kamis, 12 Januari 2023, Dinas Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Bidang Tata Lingkungan bersama dengan Pihak dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kulon Progo melaksanakan monitoring dan juga evaluasi mengenai pemberian hibah kepada masyarakat pada tahun 2022.

Pada Tahun 2022 Dinas Lingkungan Hidup memberikan Hibah kepada masyarakat sebanyak 25 unit IPAH yang tersebar di wilayah Hargorejo 5 unit, Karangsari 3 unit, Margosari 12 unit dan Sidoharjo 5 unit.

Saat proses monitoring sebagian besar Hibah Instalasi Pemanenan Air Hujan sudah berfungsi dengan baik dan di manfaatkan oleh masyarakat untuk keperluan sehari-hari seperti mencuci pakaian, akan tetapi dari proses monev yang dilaksanakan ada satu kerusakan yang terdapat pada kran IPAH dikarenakan penggunaan dan juga tekanan air hujan yang sangat tinggi.

Kerusakan yang terjadi langsung dilaporkan kepada pihak ketiga yang menangani pembangunan IPAH dan segera dilakukan pebaikan dan juga untuk ke depan evaluasi yang diberikan dapat dijadikan masukan untuk pembangunan IPAH selanjutnya.

Kedepan diharapkan pelaksanaan monitoring dan evaluasi ini dapat dilaksanakan terus menerus agar hibah yang diberikan kepada masyarakat agar dapat terus dimanfaatkan demi kemajuan Kulon Progo bersama. (Putri)