Kabupaten Kulon Progo, IKTL dan IKLH Peringkat 1 Se-DIY Berdasarkan Aplikasi IKLH

KULON PROGO (WARTA DLH) - IKLH (Indeks Kualitas Lingkungan Hidup) merupakan gambaran atau indikasi awal yang memberikan kesimpulan cepat dari suatu kondisi lingkungan hidup pada lingkup dan periode tertentu.

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup berisi gambaran kualitas air, kualitas udara, dan tutupan lahan berdasarkan pemantauan parameter-parameter lingkungan yang telah disepakati di tingkat nasional.

IKLH Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022 berdasarkan perhitungan aplikasi menggunakan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2021 tentang Indeks Kualitas Lingkungan Hidup bernilai 67.00 dengan Kategori “Sedang”.

Nilai IKL (Indeks Kualitas Lahan) sebesar 61.62 dengan kategori “ Sedang”,  nilai IKA (Indeks Kualitas Air) sebesar 43.73 dengan kategori “Kurang”, dan nilai IKU (Indeks Kualitas Udara) sebesar 91.52 dengan Kategori “Sangat Baik”.

Perolehan nilai IKLH sebesar 67.00 dan nilai IKL sebesar 61.61 mendapatkan peringkat pertama se-DIY, adapun nilai IKA dan IKU Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022 menduduki peringkat ke-2 se-DIY berdasarkan rapor dalam aplikasi online IKLH dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Data yang diinputkan di aplikasi IKLH Kementerian LHK RI merupakan data hasil pemantauan Kualitas Air Sungai di Kabupaten Kulon Progo periode pemantauan tahun 2022, data hasil pemantuan kualitas udara ambien dengan metode passive sampler pada 4 titik pantau di Kabupaten Kulon Progo tahun 2022, dan data hasil analisis tutupan lahan di Kabupaten Kulon Progo tahun 2022.

Capaian nilai IKLH tahun 2022 didasarkan pada target nilai indeks yang ditetapkan pada tingkat Provinsi DIY maupun Kabupaten Kulon Progo, oleh karena itu penting untuk terus berupaya meningkatkan strategi dan menampung berbagai rekomendasi sehingga dapat mencapai target untuk tahun-tahun berikutnya di dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan pengendalian pencemaran lingkungan di Kabupaten Kulon Progo. (Indriana)